Portal Indonesia

Angka Kesakitan Menurun, Dinkes Sumenep Hemat Anggaran Jamkesda 2017

berita terkini
Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, A Fatoni
ad

SUMENEP, (portalbangsa.com) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur A Fatoni menganggap angka kesakitan di lingkungan Bumi Sumekar ini sudah menurun secara drastis dibangding tahun sebelumnya.

“Sesuai data yang kita miliki, pada tahun 2016 akhir angka kesakitan di Kabupaten Sumenep ini menurun secara signifikan,” ujarnya, Jumat, (3/3).

Buktinya, di bulan Januari 2016 lalu, menurut mantan Kepala Puskesmas Rubaru ini, angka rujukan pasein yang dirujuk ke rumah sakit dari pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) menurun drastis dibanding tahun 2017 ini di bulan yang sama.

"Berdasarkan data jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) di awal tahun 2017 ini, pada bulan Januari tahun lalu Jamkesda mencapai sekitar Rp 3 miliar. Namun di bulan yang sama tahun ini hanya Rp 720 juta lebih," katanya.

Fatoni melanjutkan, rujukan dari Puskesmas ke rumah sakit sudah menurun. Selain karena angka kesakitan menurun, saat ini Puskesmas juga sudah semakin mandiri.

"Puskesmas sudah semakin mandiri, baik dari segi fasilitas maupun SDM di masing-masing Puskesmas,” sambungnya lagi.

Untuk itulah, agar bisa menekan angka kesakitan di Sumenep, pihaknya mengaku akan terus meminta pihak Puskesmas lebih berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal.

“Kita juga menginginkan dan terus mendorong agar di tiap-tiap Puskesmas terbentuk masyarakat peduli kesehatan,” ujarnya.

Tak pelak jika sejauh ini masyarakat peduli kesehatan rata-rata baru terbentuk di wilayah daratan. "Sementara baru di daratan, wilayah kepulauan nanti pasti akan terbentuk juga," pungkasnya.

Reporter :
Editor :
ad
Berita Sebelumnya Dinilai Ada Kriminalisasi Proses Hukum, Kades dan Keluarga Ancam Lapor KY
Berita Selanjutnya Ditinggal Pergi Pemiliknya, Rumah Warga Widoro Payung Situbondo Ludes Dilalap Api 

Komentar Anda