Portal Indonesia
ad

LSM Wirabhumi Usulkan Museum Di Pusat Kabupaten Situbondo

berita terkini
Pertemuan LSM Wirabhumi saat bertemu dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo
ad

SITUBONDO, (portalindonesia.co.id) - Keberadaan Museum Kebangsaan di Desa Wonorejo,Kecamatan Banyuputih yang dalam dua tahun terakhir dipandang sepi pengunjung, akhirnya dibahas bersama antara pemerintah daerah dengan LSM Wirabhumi. Sebagai elemen masyarakat yang berkonsentrasi dalam bidang kecagarbudayaan, LSM tersebut mengusulkan museum baru di pusat Kabupaten Situbondo.

"Museum kebangsaan saya kira lebih bisa diisi aset-aset kebudayaan dari kearifan lokal setempat yaitu Desa Wonorejo. Hal itu pernah kami pernah komunikasikan dengan karang taruna setempat yaitu  GeMa (Generasi Mahardhika) yang juga peduli dalam pengembangan  kebudayaan," ujar Irwan Rakhday, Humas LSM Wirabhumi kepada portalindonesia.com, Kamis (18/5).

Keterlibatan elemen masyarakat, menurut Irwan penting dilakukan secara intensif.

"Karena masyarakat yang bersentuhan langsung dan pemerintah daerah yang memiliki kewenangan dapat segera melakukan langkah kongkrit. Apalagi, kita di Kabupaten Situbondo sudah merampungkan Perda Cagar Budaya.Tentu dapat kita implementasikan segera," terang Irwan.

 Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo Basuki mengatakan bahwa segera dilakukan tekhnis inventarisasi barang di museum kebangsaan dalam sepekan ke depan.

"Sebab sebagian besar benda cagar budaya itu milik atau koleksi pribadi seorang budayawan juga milik LSM Wirabhumi.Kita akan mengatur penempatan benda-benda itu ke depannya.Soal museum di pusat kota, tentu kita laporkan dulu usulan itu kepada Bapak Bupati," tutur Basuki.

Reporter : Sarwo Edy
Editor :
ad
Berita Sebelumnya Merasa Ditantang, Puluhan LSM Demo Kantor DPRKP dan Cipta Karya Sumenep
Berita Selanjutnya Prihatin, Minat Baca Siswa di Situbondo Masih Rendah 

Komentar Anda