Portal Indonesia

Kue Lebaran di Banyuwangi Mulai Laris di Pasaran

berita terkini
Siti Isniyah (46) pembuat jajanan lebaran, warga Dusun Sempu, Desa Sarimulyo, Kecamatan Cluring, Banyuwangi
ad

BANYUWANGI,(portalindonesia.co.id) - Jelang lebaran 1 Syawal 1438 Hijriyah, bisnis tahunan yang digeluti para pembuat kue di Banyuwangi, Jawa Timur, kebanjiran order.

Bisnis yang cukup menjanjikan ini laris terjual lantaran peningkatan permintaan jajanan tersebut sangat signifikan dari masyarakat.

Hal ini dikatakan Siti Isniyah (46) pembuat jajanan lebaran, warga Dusun Sempu, Desa Sarimulyo, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, jika pesanan produksi kuenya selalu meningkat tajam dijelang hari raya Idul Fitri, dibandingkan dengan hari - hari biasa.

Dari modal yang dikeluarkan, hasil pemasaran produksi yang digelutinya sejak Tahun 1997 ini cukup lumayan. Bahkan saking banyaknya pemesan, Siti Isniyah harus dibantu 14 karyawannya.

"Alhamdulillah produksi saya makin diminati. Hingga hari ini modal yang saya buat sudah kembali dan membuahkan hasil cukup lumayan," terang Siti, kemarin.

Produksi yang sudah memiliki izin PIRT (Produksi Indusri Rumah Tangga) ini, selain sudah dikenal masyarakat juga mampu memberdayakan warga disekitarnya. Mereka yang bekerja di sini digaji perhari Rp. 35 ribu plus uang makan.

"Sebelum dikenal masyarakat, usaha ini saya kerjakan sendiri," ujarnya.

Jajanan lebaran yang diproduksi Istri Sujoko (48) ini, selain kue jenis jipang ketan, jipang kacang, jipang melinjo, kacang sembunyi, kacang telor, molen, mawar, semprit, bangket, bangkiak, keciput dan klemben, yang paling diminati masyarakat jenis kue Sagon.

"Semua jenis kue ditempat saya diminati masyarakat. Penjualannyapun cukup laris di pasaran," pungkas Siti.

Lina Eka (31) konsumen jajanan tersebut, yang juga warga setempat mengaku cukup puas dengan hasil produksi yang dikembangkan tetangganya itu, karena kualitasnya benar - benar bagus.

"Rasanya enak, saya beli di sini untuk keperluan lebaran," ujarnya.

Reporter : Isha W
Editor :
ad
Berita Sebelumnya Kesedihan Mendalam Keluarga Korban di Jember, Pasca Kecelakaan Maut di Jembrana Bali
Berita Selanjutnya Untuk Menertibkan Administrasi Aset Milik Pemda, Bupati Sumenep Lakukan MoU Dengan DJKN Jatim 

Komentar Anda