Portal Indonesia

Bingung Cari Kue Kering Untuk Lebaran? Sempolan Jember Tempatnya

berita terkini
Anik Inayaturrohma (30), salah seorang ibu muda warga Jalan Olahraga Desa Sempolan, Kecamatan Silo Jember,
ad

JEMBER,(portalindonesia.co.id) - Beginilah kesibukan Anik Inayaturrohma (30), salah seorang ibu muda warga Jalan Olahraga Desa Sempolan, Kecamatan Silo Jember, saat mendekati lebaran.

Puluhan macam camilan  dan aneka kue kering dibungkus rapi dengan plastik, dipajang di etalase kaca miliknya. Maklum saja, menjelang hari raya Idul Fitri banjir pesanan, baik dari warga sekitar maupun dari luar daerah.

Profesi industri rumahan  seperti ini, sudah dia lakoni sekitar 5 tahun berjalan. Lumayan, perputaran omsetnya hampir mencapai Rp.15.000.000 selama bulan puasa ini.

Aneka jajanan lebaran tersebut dibeli secara grosir, di daerah Pasar Tanjung (Pasar tradisonal terbesar di Kabupaten Jember) dan sebagian lagi dari masyarakat sekitar.

"Dari Pasar Tanjung, seperti keciput, bidaran balado dan keju, melinjo, sus cokelat, rambak dan masih banyak lagi. Kalau dari warga kripik talas dan singkong, ladrang, "sebut Anik, sambil menunjukan satu-persatu jenisnya.

Bisa dipastikan, ditemani sang suami tercinta Sugeng Riyadi (45), dengan sabar menimbang dan mengisi jajanan tersebut ke dalam kemasan plastik sehingga terlihat menarik.

“Paling laris, kripik talas buatan masyarakat di sini, kadang satu hari 10 bungkus, kalau sudah hampir hari raya seperti ini sampai kehabisan stok,” katanya.

Tidak mahal, dirinya hanya membandrol harga mulai dari harga Rp.25.000 sampai Rp.75.000, sudah bisa memilih sesuai selera dan banyaknya takaran yang disediakan.

"Bisa dipastikan habis, bahkan lebih banyak pesanan. Sampai saat ini, kendalanya masih kekurangan modal. Kemasan juga masih konvensional," ujar Hanik, saat ditemui portalindonesia.co.id, Senin,(20/06) di rumahnya.

Sampai saat ini, camilan yang dia jual mampu menembus luar kecamatan. Bahkan, ada jauh hari sudah memberikan uang di depan (DP) takut tidak kebagian.

Sugeng juga mengaku senang dengan apa yang dilakukan istrinya. dirinya berjanji akan selalu suport terhadap usaha yang digeluti selama ini.

"Sangat membantu ekonomi keluarga. Harapan kami usaha ini bisa terus berkembang, bukan hanya menghadapi hari raya, kami punya rencana mau memasarkan ke toko-toko daerah Sempolan," harapnya.

Sementara Eni Fitriani (37) salah seorang guru MIN 5 Jember, ikut memotivasi dengan usaha kreatif yang dilakukan oleh Anik.

"Ini industri rumahan (Home Industri) yang menjanjikan. Saya selain sebagai guru yang sibuk, merasa terbantu. Sudah tidak sempat buat kue lebaran, tinggal beli saja sama ibu Anik, dijamin," akui Eni.

Anda yang penasaran ingin memesan?, bisa hubungi langsung lewat selulernya di 082232824428 akan langsung diantar. Atau, bisa datang langsung ke rumahnya dijamin akan lebih puas.

 

Reporter : Dandy
Editor :
ad
Berita Sebelumnya Bawa Kabur Gadis, Pemuda Banyuwangi ini Terancam Lebaran di Penjara
Berita Selanjutnya Bingung Berbisnis, 'Nyomod' Usaha Mandiri Masa Kini Tanpa Modal

Komentar Anda