Portal Indonesia
ad

Petani Gontor Ponorogo Panen Padi Ciherang

berita terkini
Panen padi di wilayah Desa Gontor,  Mlarak, Ponorogo
ad

PONOROGO, (portalindonesia.co.id) - Beberapa hal yang menentukan keberhasilan dalam menanam padi antara lain, sistem pengolahan lahan dan pemilihan bibit. "Serta mekanisme pemupukan, perawatan tanaman serta pemberian nutrisi kepada tanaman yang dikelola," kata  Tumijan salah satu anggota Kelompok Tani "Sayuk Tani" Dukuh Gontor I Desa Gontor, Kecamatan Mlarak, Ponorogo, Jatim, Senin (12/3/2018). 

Dengan didampingi oleh Serda Katimun Babinsa Koramil 0802/15 Mlarak, anggota Kelompok Tani Sayuk Tani ini melaksanakan panen padi seluas 0,4 hektar miliknya dengan varietas Ciherang.

Menurutnya, varietas Ciherang, banyak dipilih oleh Petani di Desa Gontor ini.

"Mengingat varietas ini bersifat adaptif terhadap kondisi lahan dan cuaca," tandasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa memang masih memiliki kekurangan, yaitu lebih mudah roboh bila terkena hujan bercampur angin.

"Mengingat jumlah bulir dan bulai padi yang relatif lebih banyak dibanding varietas sekelasnya," paparnya.

Sementara itu, untuk varietas Ir 64 banyak ditanam petani di daerah pengunungan.

"sedangkan varietas Logawa ditanam Petani dengan keunggulan lebih tahan terhadap ancaman roboh karena hujan dan angin, namun beras yang dihasilkan dari varietas Logawa masih kalah pulen dubanding varietas lainnya," jelasnya.

Dalam menyambut panen raya padi, anggota Poktan Sayuk Tani cukup bersemangat, mengingat kondisi tanaman tidak banyak yang roboh walaupun hujan yang melanda wilayah ini cukup tinggi pada musim ini. 

Reporter : Muh Nurcholis
Editor : Ach Fajar
ad
Berita Sebelumnya Khofifah : Pemimpin Baik Adalah Yang Membelanjakan Hartanya Untuk Rakyat
Berita Selanjutnya Pelaku Asusila Resahkan Warga, Digelandang ke Mapolres Situbondo 

Komentar Anda