Portal Indonesia
ad

Pelajar Bersama Santri NU Ponorogo Siap Membangun NKRI

berita terkini
Jagongan Maton PC IPPNU Ponorogo
ad

PONOROGO, (portalindonesia.co.id) - Puncak peringatan Harlah IPNU Ke-64 dan IPPNU Ke-63, PC IPNU dan IPPNU Ponorogo menggelar Silahturahmi Akbar Pelajar dan Santri Ponorogo. Acara ini dikemas dalam bingkai jagongan (ngobrol) sehingga inti acara dinamai dengan Jagong Maton. Dikatakan maton karena jagongan ini adalah kali ketiganya dalam periode kepengurusan PC IPNU dan IPPNU periode 2017-2019.

Jagong Maton merupakan salah satu acara rutin PC IPNU dan IPPNU Ponorogo yang mengangkat tema-tema aktual berdasarkan momentum atau fenomena yang ada yang memang perlu untuk didiskusikan. Dalam kegiatan ini, PC IPNU dan IPPNU Ponorogo mengambil tema 'Pelajar dan Santri Membangun NKRI', Senin (12/3/2018).

Ratusan pelajar dari beberapa sekolah dan santri dari beberapa pesantren terlihat hadir dalam acara tersebut. Selain itu acara juga  dihadiri oleh Pimpinan Anak Cabang, Ranting, dan Komisariat IPNU dan IPPNU Se-Ponorogo, ditambah perwakilan dari OSIS sekolah umum dan pengurus pondok pesantren. Acara yang digelar di Aula SMP Ma’arif 1 Ponorogo penuh sesak dengan antusias peserta. Terlihat, puluhan lainnya berada di luar gedung. 

Pada kesempatan itu Ali Fahrudin, ketua PC IPNU Ponorogo menjelaskan lebih tentang Jagong Maton. "Bahwa Jagong Maton ini merupakan sarana komunikasi, silahturahmi, diskusi, para pelajar di Ponorogo. Jagong maton ini sudah kali ketiga, sebelumnya peringatan sumpah pemuda 28 Oktober lalu, dan peringata haul Gusdur pada 30 Desember 2017. Jadi, jagong maton ini adalah sarana komunikasi para pelajar," ujar Ali dalam sambutannya.

Ketua PCNU Ponorogo, H. Fatchul Aziz bertindak sebagai keynote speaker. Fatchul Azis menyampaikan bahwa peringatan Harlah jangan hanya sekedar ceremony kegiatan saja.

"Harus tetap berupaya dengan apa yang telah digariskan oleh Allah SWT," kata Fatchul Azis.

Pihaknya juga menyampaikan agar IPNU dan IPPNU harus mampu mengarahkan dan menggerakkan. “IPNU dan IPPNU harus mampu mengarahkan, kalau tidak mengarahkan, kita yang akan diarahkan orang lain. Jadikan IPNU dan IPPNU jalan hidup, pilihan hidup. Dan yakin," ungkap H. Fatchul Aziz.

Hadir juga beberapa perwakilan dari majelis alumni IPNU dan IPPNU Ponorogo, dari beberapa keterangan disampaikan bahwa alumni sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Kegiatan ini, modal membangun soliditas diantara para pengurus dengan pelajar dan santri. Mengingat pelajar dan santri merupakan segment garapan dari IPNU dan IPPNU.

Hadir juga Etik selaku Sekretaris Kecamatan Ponorogo yang  memberikan sambutan ringkas dan membuka perhelatan Jagong. 

Acara jagong maton ke-3 ini dirangkai dengan lomba desain kaos IPNU dan IPPNU serta lomba tumpeng dari Anak Cabang, Ranting, Komisariat IPNU dan IPPNU Se-Ponorogo. Acara terakhir ditutup dengan sesi makan tumpeng bersama-sama. "Acara hari ini sesuai dengan harapan Rekan dan Rekanita dari segi kemasan dan isi. Secara kemasan mendapat apresiasi yg bagus de berbagai pihak dan antusiasme kehadiran juga bagus. Dari segi isi alhamdulillah tujuan jagung ini untuk merefleksikan visi dan misi IPNU dan IPPNU dan membawanya pada penguatan 4 pilar serta NKRI tersampaikan dengan baik kepada para audiens. Semoga acara ini memberikan inspirasi dan perubahan yg lebih baik secara intelektual, akhlak dan militansi kader,” tandas Mazaya Fikrotil Aimmah, Ketua PC IPPNU Ponorogo.

Reporter : Muh Nurcholis
Editor : Ach Fajar
ad
Berita Sebelumnya Mantan Kepala DLH dan Kabag Umum RSUD Nganjuk Divonis Majelis Hakim Tipikor 2 Tahun Bui, Soal Kasus ini
Berita Selanjutnya HMI Cabang Pamekasan Gelar Aksi Kartu Merah Untuk Presiden Jokowi

Komentar Anda