Portal Indonesia
ad

Tergiur Dengan Komisi 80 Ribu, Pemuda ini Diadili Lantaran Jadi Budak Sabu 

berita terkini
Terdakwa didampingi Fariji selaku kuasa hukumnya dari LBH Lacak
ad

SURABAYA, (portalindonesia.co.id) - Moch. Hoirul alias Irul (22), Warga Jalan Sawah Pulo 5/9 Surabaya, diadili lantaran telah menjadi budak narkoba di ruang Garuda 2 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Sidang digelar pada Selasa (13/3/2018) ini dengan agenda keterangan saksi dari kepolisian (penangkap) dilanjutkan pemeriksaan terdakwa. Saat sidang berlangsung, ketua Majelis Hakim adalah Dede Suryaman.

Usai keterangan saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rista Erna Soelistiowati dan Suci Anggraeni dari Kejati Jatim, sidang dilanjutkan dengan pemeriksaan terdakwa.

Terdakwa dalam persidangan didampingi kuasa hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) LACAK, yakni Fariji. Dua saksi mengatakan, pihaknya menangkap terdakawa (sesuai BAP) didaparkan informasi tersebut dari masyarakat. Selanjutnya polisi meninjau ke lokasi untuk dilakukan pengintaian gerak-gerik terdakwa.

Pasca penangkapan terdakwa dan digeledah, polisi menemukan barang bukti berupa 1 (satu) bungkus plastik kecil berisi sabu-sabu seberat 0,32 gram. Polisi terus melakukan pengembangan terhadap terdakwa, dengan menggiring kerumahnya (terdakwa).

Alhasil dari penggeledahan didalam rumah terdakwa, polisi mendapati 7 (tujuh) buah kantong plastik berisi sabu-sabu yang masing-masing seberat 0,54 gram, 0,96 gram, 1,04 gram, 1,04 gram, 1,06 gram dengan total keseluruhan berat 5,98 gram. Selain itu, polisi menemukan 11 butir pil ekstasi warna merah muda, 1 (satu) buah timbangan elektrik warna hitam.

Dihadapan Majelis Hakim, terdakwa mengakui jika barang tersebut adalah milik Heryanto alias Anto alias Rian (DPO).

“Saya hanya disuruh jualan saja pak, dengan imbalan upah sebesar Rp 80 ribu perhari,” ujar Hoirul kepada Majelis Hakim.

Dalam dakwaan JPU, terdakwa diancam pasal Primer yakni Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang RI No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Namun didalam dakwaan kedua terdakwa dijerat sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 112 ayat (2) Undang Undang RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika.

 

Reporter : Addy M.a.z
Editor : Ach Fajar
ad
Berita Sebelumnya Ngaku Bisa Gandakan Uang Dengan Menggunakan Gentong, Warga Ponorogo Ini Ditangkap Polisi 
Berita Selanjutnya Pelaku Asusila Resahkan Warga, Digelandang ke Mapolres Situbondo 

Komentar Anda