Portal Indonesia

Ratusan Warga Blumbungan Pamekasan Menolak Galian Tanah di Desanya

berita terkini
Warga Blumbungan Pamekasan saat melalukan penolakan Galian
ad

PAMEKASAN, (portalindonesia.co.id) - Ratusan Warga dari Dusun Garuk, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan menolak adanya penggalian tanah yang dilakukan warga luar di daerahnya sendiri. Selasa (27/03/2018).

Hal itu dilakukan agar supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan dikemudian hari.

Kepala Dusun Garuk Muri melalui RT 1 Moh, Syaifuddin mengatakan, penolakan yang dilakukan warga itu karna resahnya warga terhadap penggalian tanah.

"Masyarakat menolak dan tidak setuju karna membahayakan lingkungan sekitar," jelasnya.

Menurut Syaifuddin, penggalian tanah itu sudah lama dilakukan oleh Masyarakat luar Dusun Garuk ( Dusun Talageh, Desa Blumbungan, Red). Dengan demikian, masyarakat meminta agar penggalian tanah di berhentikan secara permanen agar kondusifitas masyarakat terjaga dan aman.

"Tolong di berhentikan secara permanent demi kondusifnya masyarakat sekitar," katanya Syaifuddin.

Diketahui, lokasi penggalian tanah dekat dengan perumahan warga. Dalam penggalian tanah itu menggunakan satu alat berat.

Bersamaan dengan penolakan itu masyarakat Dusun Garuk melayangkan surat pernyataan penolakan yang dikirim langsung Kepala Desa (Kades) Blumbungan, Camat Larangan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan, Komisi 1 DPRD Pamekasan.

"Kami meminta agar penggalian di berhentikan secara permanen. Hal itu berdasarkan surat penyataan yang di tanda tangani oleh masyarakat," tambahnya.

Sementara itu, Koka Syaiful Bahri Babinsa Desa Blumbungan, Koramil Larangan, membenarkan dengan adanya aksi penolakan yang dilakukan oleh warga Dusun Garuk. Dengan itu Pihak mencoba mengamankan dan memediasi demi terciptanya kondusi yang aman dan tertib.

"Sekitar 150 warga menolak dan kami memediasi antara masyarakat dan pengelola agar pengerukan tanah diberhentikan," pungkasnya.

Reporter : Muh.Mu'is
Editor : Ach Fajar
ad
Berita Sebelumnya Ratusan Warga Nglumpang Ponorogo Menerima Sertifikat Massal PTSL
Berita Selanjutnya Warga Ponorogo Apresiasi Legislator Gelar Safari Ramadhan

Komentar Anda