Portal Indonesia
ad

Jelang Ramadhan, DPR RI Ini Sidak Harga Sembako di Ponorogo

berita terkini
Sartono sidak Pasar Bungkal, Ponorogo
ad

PONOROGO, (portalindonesia.co.id) - Melonjaknya harga kebutuhan bahan pokok dan juga daging menjelang Ramadhan dan lebaran menjadi perhatian penuh  anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Demokrat dari Dapil Jatim VII Sartono Hutomo. 

Dalam rangkaian kegiatan resesnya di Kabupaten Ponorogo kali ini sepupu dari Presiden RI ke-6 ini mengawali dengan mengunjungi pasar rakyat Kecamatan Bungkal. Dengan ramah senyum sapa Sartono menyapa para pedagang di komplek pasar rakyat bungkal. 

"Sampai saat ini belum terjadi lonjakan harga secara signifikan pak sartono, namun hanya saja kami sebagai pedagang kecil yang sudah bertahun tahun dan sudah sering  mengalami lonjakan-lonjakan harga kebutuhan pokok hampir tiap menjelang puasa begini, berharap kepada pemerintah supaya mengontrol kebijakan harga agar tetap stabil sehingga dagangan kami bisa laku stabil juga,"  harap Ira, seorang pedagang sembako di Pasar tersebut. 

Kehadiran Sartono didamping Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo Meseri Effendi, Widodo selaku Ketua Komisi B DPRD kabupaten Ponorogo juga meninjau tumpukan sampah yang hampir 5 tahun tidak di buang buang, berada di lahan pojok pasar. 

Akibat tumpukan sampah ini sekitar kurang lebih 120 pedagang kehilangan kesempatan untuk mengais rejekinya. Aroma bau tidak sedap dan rawanya penyakit menjadi persoalan yang harus diselesaikan segera oleh pihak pihak terkait supaya pedagang bisa kembali berjualan normal. 

"Saya sebagai anggota DPR RI komisi VI yang bermitra dengan kementerian perdagangan, akan berusaha menyuarakan aspirasi dari para pedagang ini. Dan tentunya saya sangat prihatin dengan kondisi seperti ini, tumpukan sampah yang hampir 5 tahun dibiarkan begitu saja tanpa ada tindakan apapun. Melaui program program saya, inshaalloh kami akan berusaha untuk bisa membantu karena saya juga bagian dari masyarakat, bagian dari para pedagang juga,” tutur Sartono.

Sartono hampir setiap 2 bulan sekali selalu menyempatkan waktu reses, dan kunkernya untuk menyapa dan memberi manfaat kepada masyarakat yang di wakilinya. Selesai dari pasar rakyat Bungkal, kembali sepupu SBY ini menyapa masyarakat Desa Selur, Kecamatan Ngrayun. 

Kedatanganya disambut dengan pagelaran seni reyog lengkap dengan tarian jatil dan bujangganongnya. Antusias masyarakat Selur menyambut kehadiran wakil rakyat ini terlihat dari hampir ribuan masyarakat yang hadir di kegiatan reses sekaligus penyerahan bantuan sarana kesenian Reyog berupa Dadak Merak lengkap dengan banronganya kepada paguyuban seni Reyog Sardulo Argo Mustiko Desa Selur. Dalam sambutanya sartono menjelaskan,” kesenian reog adalah kekayaan budaya bangsa kita yang harus kita uri uri dan lestarikan, bukan hanya itu dengan kesenian reog ini kita bisa belajar tentang makna kehidupan,  juga mencetak karakter kepemimpinan yang tangguh. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk seluruh warga masyarakat Selur khususnya dan kecamatan Ngrayun pada umumnya," katanya.

Dari kecamatan Ngrayun perjalan dilanjutkan ke desa Gajah kecamatan sambit tepatnya di Madrasan Diniyah Awaliyah Al Irsyad. Tiba di desa Gajah Sartono di sambut oleh kesenian jaranan dari desa Gajah. Ratusan Masyarakat berderet memadati sepanjang jalan menyambut kehadiran Politisi Demokrat ini. 

Pada kesempatan ini Sartono meninjau bantuanya ke Madin al Irsyad berupa sarana dan prasarana Pendidikan dan seragam jamaah yasin di desa Gajah. Menurut kepala desa Gajah Wintoro selama 5 tahun kebelakang baru kali ini seorang wakil rakyat senayan berkunjung ke desa Gajah yang secara geografis terletak di puncak Gunung Gajah Sambit. 

"Terimakasih pak sartono atas kedatanganya di desa kami, semoga kehadiran bapak membawa manfaat untuk warga masyarakat kami. Terutama infrastrukur jalan yang masih sangat minim menuju bagus, juga fasilitas program kemasyarakatan lain sangat di butuhkan di desa kami. Dan dari semenjak Pileg  2014 tahun yang lalu barulah pak sartono yang mau turun ke Gajah pun beliau dengan membawa banyak program. Sekali lagi terimakasih kami sampaikan," ujar Wintoro.

Rangkaian kegiatan reses Sartono di kabupaten Ponorogo di akhiri besilaturahim dengan warga masyarakat dukuh Karangan, Desa Jebeng, Kecamatan Slahung. 

Kembali kehadiran sepupu SBY  di desa jebeng ini disambut dan diarak tarian seni khas Ponorogo. Dalam kesempatan ini Sartono juga  meninjau bantuan seragamnya untuk  jamaah yassin Baitul Muhsinin Dukuh Karangan, Jebeng. 

Sugeng Rianto salah satu Tokoh perwakilan masyarakat Jebeng menyampaikan terimakasih atas kehadiran Anggota DPR RI Komisi VI ini mau menyapa masyarakatnya. "Pak sartono mewakili masyarakat Jebeng kami sangat berterimakasih atas kehadiran bapak, kami bangga mempunyai wakil rakyat yang mau menyapa masyarakatnya dengan ramah dan tanpa ada sekat. Semoga pak Sartono senantiasa di beri kesehatan mengemban amanah rakyat," doanya. 

Dalam sambutanya Sartono menyampaikan tentang pentingnya guyub rukun, dan apresiasi terhadap seni budaya reog di Ponorogo. "Saya berterimakasih sudah disambut hangat di Desa Jebeng ini, di sambut dengan arakan kesenian reog. Seni Reog ini juga luar biasa keberadaanya mampu menyedot antusias masyarakat untuk bisa menonton dan menikmati, disisi lain dampak positifnya terhadap pertumbuhan ekonomi mikro juga sangat bagus, terlihat sepanjang jalan banyak pedagang kecil ramai dikerumuni pembeli juga. Dan saya berharap silaturahim saya ke desa jebeng ini tidak hanya sekali saja namun di kesempatan yang lain bisa bersilaturahim kembali dengan membawa program yang lebih bermanfaat lagi untuk masyarakat," paparnya. 

Reporter : Muh Nurcholis
Editor : Ach Fajar
ad
Berita Sebelumnya DPRD Jatim Kecam Serangan Bom Membabi Buta Di Surabaya
Berita Selanjutnya Perjanjian MoU Antara BPN Dan Polda Jatim Di Hotel Wyndham Surabaya

Komentar Anda