Portal Indonesia
ad

Rukyatul Hilal di Pamekasan Nihil, Ini Penyebabnya

berita terkini
Pelaksanaan Rukyatul Hilal di Pantai Ambat Pamekasan
ad

PAMEKASAN, (portalindonesia.co.id)- Untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1439, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pamekasan,melakukan Rukyatul Hilal di pesisir pantai Ambat Tlanakan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Selasa (15/05) Sore.

Turut hadir, Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU), MUI, dan dari Perwakilan Pengadilan Agama untuk menyaksikan hilal di pantai Ambat.

Namun dalam pelaksanaan rukyatul hilal terkendala oleh cuaca yang mendung, sehingga pelaksanaan hilal tersebut Nihil.

“Yang kita lihat saat ini mendung jadi tidak memmungkinkan untuk bisa melihat hilal," tutur Ilyasak. Ketua BHR Kemenang Kabupaten Pamekasan.

Ilyas mengatakan, secara tinjauan ilmu astronomi di seluruh Asia termasuk Indonesia posisi bulan dibawah ufuk.

“Sekarang posisi bulan disemua kawasn Asia termasuk Indonesia masih di bawah ufuk. Karena bulan itu terbenam lebih dahulu dari matahari," katanya.

Ilyas menjelaskan bahwa Ijtima' sesudah isya' sehingga secara astronomi hilal tidak akan dilihat.

"Selanjutnya Ijtima'nya masih pukul 18:46 sesudah isya' sehingga secara teori astronomi hilal mustahil dapat dilihat," paparnya.

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan bahwa hasil dari Hilal akan dilaporkan ke Kanwil Kemenag Jatim, dan seterusnya akan di lanjutkan ke Kementrian Agama RI dan hanya tinggal menunggu sidang isbat.

“InsyaAllah perkiraan Istikmal bulan Sya'ban digenapkan 30 hari sehingga tanggal 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 17 Mei hari Kamis," tutupnya.

Reporter : Muh.Mu'is
Editor : Ach Fajar
ad
Berita Sebelumnya PLh Bupati Pamekasan Melantik TIMPORA
Berita Selanjutnya Perjanjian MoU Antara BPN Dan Polda Jatim Di Hotel Wyndham Surabaya

Komentar Anda