Portal Indonesia
ad

Buat Mercon, Tiga Warga Situbondo Diamankan Polisi

berita terkini
Buat Mercon, Tiga Warga Situbondo Diamankan Polisi
ad

SITUBONDO, (portalindonesia.co.id)- Pembuat mercon besar siap-siap berurusan dengan polisi. Sebagaimana yang terjadi pada hari Rabu (13/6/2018), malam di Situbondo, Jawa Timur, 3 warga yang memproduksi atau membuat dan menyimpan bubuk mercon serta sejumlah bahan peledak, diamankan polisi.

Ketiga orang yang diamankan polisi tersebut antara lain, Samsul Ma'arif (19) dan Rasid (40), warga Desa Kapongan, Kecamatan Kapongan, Situbondo, serta Hairudin (52) warga Desa Juglangan, Kecamatan Panji, Situbondo. Ketiganya diciduk di rumahnya masing-masing.

Polisi menyita barang bukti berupa mercon yang sudah jadi 13 buah dengan ukuran besar 6, kecil 7, selongsong kecil 4, bubuk racikan 1 ons dari tangan Hairudin. Sedangkan dari tangan Samsul Ma'arif, polisi menyita selongsong 6 mercon besar, selongsong sedang 1, selongsong kecil 10, bubuk mesiu 4 ons.

Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono, menjelaskan ketiga warga yang diamankan tersebut merupakan hasil dari pengembangan informasi yang ada di masyarakat.

"Warga yang resah dengan kegiatan para pelaku, jika ada salah satu warganya yang tengah intens membuat mercon dalam ukuran yang besar," ungkap Awan.

"Atas dasar informasi tersebut, kita amankan tersangka Samsul Ma'arif sekitar pukul 23.30 wib. Ia mengaku membeli mesiu dari tersangka Rasid, setelah kita kembangkan lagi, Rasid mengaku membeli dari Hairudin. Ketiganya langsung kita amankan di Polsek Kapongan untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut , "imbuhnya.

Sedang untuk barang bukti mercon, bubuk mercon dan bubuk mesiu sudah dilakukan netralisir dengan menyiram dengan udara untuk mengantisipasi ledakan.

Reporter : Sarwo Edy
Editor : Ach Fajar
ad
Berita Sebelumnya Puluhan Rumah Hancur Akibat Gempa di Sumenep
Berita Selanjutnya Perjanjian MoU Antara BPN Dan Polda Jatim Di Hotel Wyndham Surabaya

Komentar Anda