Portal Indonesia
ad

Ketahuan Hisap Sabu, Henri Setiawan Dihukum 5 Tahun Penjara

berita terkini
Terdakwa Saat Diadili di PN Surabaya
ad

SURABAYA, (portalindonesia.co.id) - Kembali Pengadilan Negeri Surabaya menggelar sidang putusan perkara narkoba dengan terdakwa Henri Setiawan (40) di ruang Candra hari ini, Kamis (13/9/2018).

Dalam persidangan, Hakim Sarwedi yang bertindak selaku Ketua Majelis Hakim membacakan surat putusan, dalam amar putusannya, mengadili menghukum terdakwa Henri Setiawan dengan hukuman penjara selama 5 (lima) tahun penjara dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan.

Sebagai bahan pertimbangan Hakim, hal yang meringankan bahwa terdakwa telah mengaku terus terang tidak berbelit belit dan bersikap sopan selama dalam persidangan, sedangkan hal yang memberatkan adalah terdakwa tidak mendukung program Pemerintah dalam memberantas narkoba.

Adapun tuntutan tersebut dinilai lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Didik Yudha Aribusono dari Kejari Tanjung Perak yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan hukuman selama 7 tahun penjara, denda sebesar Rp 1 miliar serta Subsidair 6 bulan    kurungan.

Untuk diketahui bahwa perkara tersebut bermula pada selasa 08 Mei 2018 sekira pukul 10.00 WIB, terdakwa bertemu dengan Joko Susanto dirumah Jalan Bangunrejo 3 Surabaya bermaksud menawarkan narkotika jenis sabu sebanyak 1 (satu) poket dengan harga Rp 80.000,- (delapan puluh ribu rupiah) kepada Joko.

Kemudian setelah membayar sabu tersebut, Joko berpamitan untuk pulang berniat mengkonsumsi sabu tersebut, selanjutnya terdakwa Henri Setiawan ditangkap petugas di rumah kostnya di Jalan Genting 1/32 Kelurahan Kalianak Kecamatan Asemrowo Surabaya.

Saat dilakukan penggeledahan, petugas mendapatkan barang bukti berupa 1 (satu) buah pipet kaca yang masih terdapat sisa sabu seberat 2,78 gram beserta pipetnya, 2 (dua) buah pipet kaca, 1 (satu) buah alat hisap sabu (Bong), 1 (satu) buah korek api gas.

Sehingga perbuatan terdakwa dijerat oleh Jaksa Penuntut Umum sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (1) Undang Undang RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Atas putusan tersebut, terdakwa yang didampingi Ronny.SH selaku kuasa hukumnya dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Lacak langsung menyatakan menerima, saya terima pak hakim," kata terdakwa.

 

Reporter : Addy M.a.z
Editor : Ach Fajar
ad
Berita Sebelumnya Legislator DPR RI Ajak Warga Magetan Kembangkan Gotong Royong
Berita Selanjutnya Baru Pertama Kali Digelar di Sumenep, Event Kejurda Slalom Sedot Ribuan Warga 

Komentar Anda