Portal Indonesia
ad

Gudang Kapuk di Situbondo Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Puluhan Juta Rupiah

berita terkini
Anggota Polsek Asembagus saat olah TKP pasca kebakaran
ad

SITUBONDO, (portalindoesia.co.id) -Sebuah gudang tempat penyimpanan kapuk milik Suatmo (68) di Dukuh Lowa, Dusun Selatan RT 20 RW 04, Desa Bantal, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, ludes dilalap api, Sabtu (15/9/2018) sekitar pukul 14.30 WIB. 

Pasca kebakaran, gudang tempat penyimpanan kapuk tersebut, tampak rata dengan tanah dan puing-puing sisa kebakaran yang berserakan, terlihat masih dalam kondisi basah setelah tim damkar bersama pihak terkait dengan dibantu warga sekitar berhasil menjinakkan api. 

Informasi terhimpun portalindonesia.co.id dilokasi, saat korban bersama 5 pekerjanya sedang mengupas kapuk seperti biasa, tiba-tiba dari pintu sebelah selatan muncul api. Celakanya, di saat bersamaan angin bertiup kencang sehingga api dengan cepat membakar seluruh isi gudang yang berisi kapuk. 

Lantaran tiupan angin yang sangat kencang, kebakarakan merembet hingga menghanguskan 1 unit kandang sapi yang letaknya berdekatan dengan gudang penyimpanan kapuk. 

Kondisi api yang kian membesar, membuat kelima pekerja yang sebelumnya sedang mengupas kapuk itu panik dan langsung keluar dari dalam gudang untuk menyelamatkan diri. 

"Kelima pekerja saya langsung keluar menyelamatkan diri, dan sebagian memberitahu warga yang lain," ucap Suatmo.

Mendengar ada kebakaran, sontak membuat warga sekitar kaget sehingga ada yang langsung berusaha melakukan pemadaman api dengan menggunakan alat seadanya dan ada juga yang melaporkan kesejumlah pihak terkait. 

Selang beberapa menit kemudian petugas Damkar Pemkab Situbondo yang disiagakan di Kecamatan Asembagus berikut anggota Pusdalops BPBD Situbondo, Koramil, Polsek, Satpol PP dan Kepala Desa setempat tiba di lokasi kejadian. 

Para petugas tersebut, langsung melakukan pemadaman api untuk mengantisipasi atau mencegah agar kebakaran tersebut tidak merembet atau meluas ke area lain. 

Kurang lebih 30 menit kemudian atau sekitar pukul 15.00 WIB, akhirnya api berhasil dipadamkan. 

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono menyampaikan, dalam kejadian ini, tak ada korban jiwa.

"Penyebab kebakaran, belum diketahui pasti dan masih dalam penyelidikan pihak Kepolisian," ungkapnya. 

Lanjut Puriyono, dampak kebakaran itu, selain gudang kapuk berikut 80 sak kapuk siap jual ludes hingga rata dengan tanah, satu kandang sapi juga turut terbakar.

"Kurang lebih kerugian ditaksir mencapai Rp 80 juta," ungkapnya. 

Sementara itu, Kapolsek Asembagus AKP H Sugiono menghimbau kepada warga di Kecamatan Asembagus untuk waspada terhadap kemungkinan rentannya kebakaran di musim kemarau. 

 

Reporter : Sarwo Edy
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Diterjang Angin, Sebuah Rumah Di Desa Bantal Situbondo Rusak 
Berita Selanjutnya Bawa Sabu 60 Gram, Pasutri Warga Krukah Surabaya Ditangkap Polisi

Komentar Anda