Portal Indonesia
ad

Prihatin, Minat Baca Siswa di Situbondo Masih Rendah 

berita terkini
Djoko Kuswanto, SS seorang tenaga pendidik sakaligus pemerhati bidang pendidikan
ad

SITUBONDO, (portalindonesia.co.id) - Keinginan untuk meningkatkan minat membaca di kalangan peserta didik di sekolah ternyata tidak mudah mewujudkannya. 

Demikian bentuk keprihatinan seorang tenaga pendidik sakaligus pemerhati bidang pendidikan, Djoko Kuswanto SS, asal Desa Demung, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur,terhadap kondisi siswa saat ini di sejumlah daerah di Situbondo yang mayoritas masih sangat minim dalam hal minat membaca. 

"Rendahnya minat membaca masyarakat dapat diukur dan dilihat dari seberapa besar minat membaca para peserta didik di sekolah," ungkap Djoko, Kamis (20/9/2018) 

Djoko mengatakan, tinggi rendahnya minat membaca siswa dapat menentukan seberapa besar minat membaca masyarakat, contohnya dapat diukur dari tingkat kunjungan anak didik ke perpustakaan serta menyelesaikan tugas mengarang atau karya tulis. 

"Budaya membaca anak didik masih jauh dari harapan itu dapat terlihat dari jumlah pengunjung perpustakaan sekolah yang masih sedikit, jika diberi tugas mengarang atau membuat karya tulis, masih banyak siswa yang belum bisa merangkai dengan baik suatu kalimat antara paragraf satu dan lainnya," ungkap Djoko. 

Menurutnya, minat membaca siswa begitu rendah itu karena beberapa faktor, diantaranya kurang perhatian dan dorongan dari orang tua/wali murid agar anaknya mau membaca secara rutin saat berada di rumah/luar jam sekolah, semangat siswa untuk mencari informasi atau pengetahuan lebih dari apa yang diajarkan di kelas.

"Selain itu, penggunaan alat seperti HP yang tidak tepat dan sifat malas, juga bisa menjadi penyebab rendahnya minat membaca," bebernya. 

Lanjut Djoko, minat baca siswa dapat meningkat tidak hanya tergantung guru saja, tapi peran serta orang tua untuk memberikan pengawasan, pemahaman dan motivasi terhadap siswa akan pentingnya membaca, sangat berpengaruh sekali. 

"Untuk membangun minat baca di kalangan siswa, dibutuhkan motivasi, pengawasan, peran serta dan kerja sama antara guru berikut orang tua, serta keterlibatan pemerintah terkait secara langsung," pungkasnya. 

Reporter : Abdul Hakim
Editor : Ach Fajar
ad
Berita Sebelumnya Eksepsi Henry Ditolak, Sidang Kongsi Pasar Turi Lanjut Ke Pembuktian
Berita Selanjutnya Bawa Sabu 60 Gram, Pasutri Warga Krukah Surabaya Ditangkap Polisi

Komentar Anda