Portal Indonesia
ad

Sudah 1 Bulan Pipa Saluran Sumber Mata Air Rusak, Warga Desa Selowogo Situbondo Krisis Air Bersih 

berita terkini
Warga Dusun Karang Nangka, Desa Selowogo, sedang mengambil air bersih di dusun atau desa tetangga
ad

SITUBONDO, (portalindonesia.co.id) - Warga Dusun Karang Nangka, Desa Selowogo, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mengalami krisis air bersih akibat pipa-pipa saluran air bersih yang biasa memasok air bersih dari sumber mata air yang berada di Desa Sumber Anyar, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo, rusak sejak satu bulan lalu. 

Menurut masyarakat setempat, akibat rusaknya pipa-pipa saluran air bersih dari sumber mata air itu, warga terpaksa harus mengambil air dengan jeriken di dusun dan desa tetangga. 

"Sejak pipa-pipa saluran air bersih dari sumber mata air di desa/kecamatan tetangga rusak sekitar satu bulan lalu, warga di dusun ini mengalami krisis air bersih. Sehingga warga terpaksa mengambil air bersih di dusun dan desa tetangga," ujar Rafik (32) warga Dusun Karang Nangka RT 3 RW 13, Desa Selowogo, Rabu (26/9/2018) 

Baca Juga : 12 Dusun di Situbondo Terdampak Kekeringan, Bantuan Air Bersih Didistribusikan Secara Terjadwal

Warga Dusun Karang Nangka berharap, baik kepada pemerintah desa setempat maupun Pemkab Situbondo dapat segera turun tangan melakukan perbaikan pipanisasi dan menyalurkan air bersih agar kesulitan warga mendapatkan air bersih tak berlarut-larut. 

Menyusul kejadian tersebut, pihak Pemerintah Desa Selowogo sudah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Bungatan dan instansi terkait. 

Dikonfirmasi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan adanya krisis air bersih di Dusun Karang Nangka akibat rusaknya pipa-pipa saluran air bersih dari sumber mata air. 

"Pihak desa setempat sudah berkoordinasi dengan pihak kami dan krisis air bersih di dusun itu bukan karena faktor bencana kekeringan. Namun disebabkan pipa-pipa saluran air bersih dari sumber mata air yang disalurkan ke dusun tersebut nengalami kerusakan," jelasnya. 

Untuk mengatasi krisis air bersih, lanjut Gatot, dalam waktu dekat ini pihak BPBD Situbondo akan mendistribusikan air bersih PDAM untuk warga di dusun tersebut. "Secepatnya akan kita kirim air bersih PDAM untuk warga di dusun itu," pungkasnya. 

 

Reporter : Abdul Hakim
Editor : Ach Fajar
ad
Berita Sebelumnya Soal Kasus Tipu Gelap, Dimas Kanjeng Akui Total Uang Dari Saksi Pelapor
Berita Selanjutnya Pelaku Asusila Resahkan Warga, Digelandang ke Mapolres Situbondo 

Komentar Anda