Portal Indonesia
lowongan beriklan

Angka Pengangguran di Kabupaten Kebumen Terus Meningkat

berita terkini
Musrenbang Kabupaten Kebumen tahun 2019 dalam penyusunan RKPD tahun 2020 di Gedung Setda Kebumen
222

PORTAL INDONESIA.NET, KEBUMEN - Pada tahun 2018 angka pengangguran Kabupaten Kebumen mencapai 5,52 persen dari total angkatan kerja.Dalam beberapa tahun terakhir angka pengangguran mengalami tren yang meningkat, bahkan melampaui angka pengangguran di tingkat provinsi dan nasional yang berturut - turut sebesar 4,23 persen dan 5,13 persen.

Hal ini di sampaikan Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kabupaten Kebumen tahun 2019 dalam penyusunan RKPD tahun 2020 di gedung Setda Kebumen, Rabu kemarin (20/3/2019).

Untuk mendorong penyelesaian masalah tersebut, Bupati memiliki empat straregi yaitu mengurangi beban pengeluaran, meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin, kemudian mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro dan kecil, serta mensinergikan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan.

"Melalui strategi itu, kami optimis akan mampu menurunkan minimal 10.000 individu miskin atau 0,76 persen dari jumlah penduduk dengan menggunakan perencanaan penanggulan kemiskinan berbasis tehnologi data," tegas Bupati. 

Ia juga menegaskan pihaknya berkomitmen untuk melanjutkan berbagai program unggulan yang telah dicanangkan, antara lain angkutan gratis, ambulan gratis, asuransi kesehatan, mall pelayanan publik, program KUBE, kemudian pembangunan jalur lingkar utara dan kawasan industri, geopark Karangsambung - Karangbolong, bea siswa miskin dan beberapa program lainnya.

Terkait dengan masalah pertumbuhan ekonomi dan pengangguran, diharapkan agar kawasan industri yang sudah direncanakan proses pembangunannya sejak 2017, pada 2020 dapat mulai beroperasi," ujarnya.

Reporter : Ahmad
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Tidak Terbukti Bersalah Abdul Wahab Dilepaskan oleh KPK
Berita Selanjutnya Kondisi Terkini Pasca Insiden Pengepungan Pos TNI AL di Lhokseumawe.

Komentar Anda