Portal Indonesia
lowongan beriklan

Tim Penilai Lomba BBGRM Kabupaten Situbondo Turun ke Desa Suboh 

berita terkini
Saat penilaian lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat oleh Tim dari Kabupaten Situbondo di Balai Desa Suboh 
222

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Situbondo yang diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, kembali digelar. Salah satu desa yang terpilih untuk mewakili kecamatan dalam lomba tersebut, adalah Desa Suboh dari Kecamatan Suboh. 

Pantauan di lokasi pada Jumat (22/3/2029) pagi, terlihat sejumlah umbul-umbul dan bendera telah terpasang di sekitar lingkungan Balai Desa Suboh dan tim penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Situbondo telah tiba di Balai Desa Suboh untuk melakukan verifikasi penilaian. 

Kedatangan tim penilai yang dipimpin Samsuri, Kabid Pembinaan Bina Pemberdayaan dan Kelembagaan DPMD Kabupaten Situbondo, disambut kepala desa bersama jajaran perangkat desa, anggota LPM, BPD, TP PKK Desa Suboh, Ansor, Banser berikut sejumlah stakeholder, termasuk Ketua TP PKK Kecamatan Suboh. 

Samsuri, Kabid Pembinaan Bina Pemberdayaan dan Kelembagaan DPMD Kabupaten Situbondo, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat diadakan untuk melestarikan nilai gotong royong yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Menurutnya, gotong royong saat ini mulai terkikis. Untuk itu, pemerintah mencoba menghidupkan kembali program-program yang dapat memicu kelestarian budaya gotong royong di masyarakat. 

Lanjutnya, kebersamaan dan gotong royong dapat diwujudkan melalui kolaborasi yang menjadi salah satu pilar pembangunan. "Untuk meningkatkan budaya gotong royong, LPM harus berkolaborasi dengan tokoh masyarakat, karang taruna, dan PKK. Dalam 10 Program PKK, pada nomor 2 adalah Gotong Royong," jelasnya. 

Samsuri menyebutkan, dalam lomba ini, ada 4 bidang yang menjadi penilaian. "Yakni bidang Kemasyarakatan, bidang Lingkungan, Bidang Ekonomi serta Sosial Budaya dan agama," 

Sementara itu, Kepala Desa Suboh, Ibnul Farozi, SE menyampaikan terimkasih kepada pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo, karena dengan adanya BBGRM dapat mendorong semangat gotong royong sehingga giat bergotong royong di desa dapat meningkat. 

"Melihat dampak kemajuan zaman seperti saat ini, tentu dengan adanya BBGRM memiliki manfaat yang sangat besar karena semangat dan nilai - nilai budaya gotong royong di desa kami bisa lebih ditingkatkan dan dapat meminimalisir atau bahkan mengantisipasi terjadinya individualis," ungkapnya. 

Disinggung terkait kesiapannya jika nantinya menjadi wakil Kabupaten Situbondo untuk lomba BBGRM di tingkat Provinsi Jawa Timur, Rosi mengaku lebih memprioritaskan wujud gotong royong di desanya.

Menurutnya, jika gotong royong masyarakat tetap terpelihara, maka persatuan dan kesatuan akan kuat dan kegiatan kerja sama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan dapat meningkat. "Karena out out gotong royong itu dapat meningkatkan keswadayaan dan partisipasi masyarakat dalam menunjang pembangunan desa," bebernya. 

Rosi menambahkan, jika desa Suboh meraih juara 1 dan mewakili Kabupaten Situbondo untuk lomba gotong royong di tingkat Provinsi Jawa Timur, itu anugrah dan rizki dari Tuhan yang harus disyukuri. "Dalam hal ini, ikhtiar dan doa yang akan terus kita lakukan demi kemajuan desa," pungkasnya.

Reporter : Abdul Hakim
Editor : -
444
Berita Sebelumnya Bijak Gunakan Medsos, TMMD Jember Beri Penyuluhan Pada Siswa
Berita Selanjutnya Kondisi Terkini Pasca Insiden Pengepungan Pos TNI AL di Lhokseumawe.

Komentar Anda