Portal Indonesia
lowongan beriklan

Sekolah Dasar Berkarakter Kebangsaan di Situbondo Gelar Seni Dan Budaya

berita terkini
Sisiwa siswi saat tampil dipagelaran seni dan budaya. (Photo. Istimewa)
222

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - Untuk membangun mental dan karakter persatuan dan kesatuan cinta tanah air dan ber Bhenika Tunggal Ika pelajar SD Negeri 1 Wonorejo, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, gelar pentas seni dan budaya, Sabtu (23/3/2019) pagi.

Menurut Kepala SD Negeri 1 Wonorejo, Rinakso S.pd, salah satu upaya membentuk karakter anak bangsa yang punya nasionalisme tinggi bisa melalui seni dan budaya. Karenanya, sangat penting untuk mengenalkan seni dan budaya pada anak sedini mungkin.

"Dengan begitu, kepribadian dan karakter kita sebagai bangsa Indonesia akan tumbuh. Ini lagi yang harus saya tekankan kepada generasi muda dan anak-anak di tengah situasi globalisasi. Kita tidak boleh meninggalkan dan melupakan kearifan lokal budaya dan seni untuk mengedepankan persatuan dan kesatuan juga ber Bhenika Tunggal Ika," katanya.

Ia menambahkan, seni dan budaya juga akan mengajarkan generasi penerus pada perbedaan, melalui seni dan budaya pula generasi penerus bangsa bisa dikenalkan dengan keberagaman suku dan agama, apalagi kita hidup dilingkungan desa kebangsaan Wonorejo.

"Keberagaman akan membuat setiap anak bangsa mudah bergaul. “Bisa bersosialisasi dengan siapa saja tanpa ada batas, menyatu dengan semua karakter, bukan hanya di Wonorejo tetapi juga di Indonesia bahkan di manca negara tanpa membedakan RAS," ucapnya.

Kepala Desa Wonorejo Sumerto Adi berharap dengan paggelaran seni dan budaya ini para pelajar bisa menangkap pesan moral, agar kreatif dalam berkesenian dan berbudaya sekaligus unggul dalam karakter.

“Kegiatan ini tidak hanya sekedar sebuah pementasan karya seni dan budaya yang biasa dinikmati nilai estetikanya, tetapi yang terpenting dalam acara ini terkandung suatu pesan moral dan spiritual yang kontekstual dan relevan sebagai sebuah media‎ pendidikan dan ajang kreativitas pelajar untuk membentuk karakter bangsa," tuturnya.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Karang Taruna GEMA Wonorejo, Slamet Hariyadi mengharapkan pemerintah terus memberi ruang pada kegiatan-kegiatan seperti ini. Sebab, kegiatan seni dan budaya itu tidak hanya untuk mengenalkan anak-anak pada berbagai jenis kesenian, tetapi juga pada hal yang bersifat kepuasan batin.

"Kelengkapan seorang manusia tidak hanya pikiran, tapi juga batinnya,” ujar Slamet Hariyadi.

Tampak hadir ditengah tengah acara gelar seni dan budaya ini, Kepala Desa Wonorejo, Korwil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banyuputih, tokoh lintas Agama, Budayawan, tokoh pemuda, BPD dan masyarakat setempat.

Reporter : Sarwo Edy
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Satpol PP Jember Ciduk Sejumlah Siswa Bolos
Berita Selanjutnya Kondisi Terkini Pasca Insiden Pengepungan Pos TNI AL di Lhokseumawe.

Komentar Anda