Sumber : bangka.tribunnews.com

Sekarang ini banyak orang lebih suka menggunakan motor matic daripada motor bebek. Nggak cuma ibu-ibu saja, bahkan motor matic sekarang ini menjadi favorit para remaja. Selain mudah dipakai, motor matic memiliki fungsi dan model yang lebih kekinian, apalagi untuk melaju di kemacetan. Tapi sayangnya masih banyak pengguna yang belum tahu kalau motor matic ini punya penyakit musiman atau masalah yang sering terjadi pada motor ini.

Nah, biar kamu tidak asal pakai dan lebih memperhatikannya, kali ini kami akan memberikan beberapa daftar masalah yang sering terjadi pada motor matic. Check this out!

  1. Tarikan gas yang berat

Sumber : ninjakips.blogspot.com

Hampir 80 persen performa sepeda motor terletak pada tarikan gas, terutama pada motor matic. Oleh sebab itu, kamu harus lebih pintar lagi untuk merawat tarikan gas agar tidak berat saat digunakan. Tarikan gas motor yang berat ini juga bisa terjadi karena filter udaranya kotor sebab tercampur partikel kotoran dan debu. Sehingga tarikan motor matic menjadi lebih berat.

  1. Motor mendadak mati

Sumber : rayya-motor.blogspot.com

Kamu tahu? kalau penyebab dari sepeda motor yang mendadak mati biasanya diakibatkan dari setelan klepnya? Setelan klep yang terlalu rapat bisa membuat mesin lebih cepat panas (overheat). Selain overheat, motor juga akan menjadi kurang akselerasinya sehingga motor matic akan mati secara mendadak.

  1. Saat dipakai mesin motor menjadi panas

Sumber : liputan6.com

Selain setelan klep yang rapat, penyebab lain dari mesin motor panas adalah karena sirkulasi oli mesin tersumbat. Jadi, kamu perlu tahu hal ini guys. Overheat terjadi karena ring piston yang kering dan tidak ada pelumasnya sehingga akan menyebabkan motor mati mendadak. Suhu panas ini terjadi dari hasil gesekan antara piston dan liner boring serta sistem pembakaran pada mesin. Akibat dari piston yang memuai dan macet pada liner boring, karena panasnya tidak mampu diredam oleh pelumas.

  1. Gas motor yang ngadat saat digunakan

Sumber : otomotif.tempo.com

Ketika terlalu lama digunakan, pasti gas motor matic akan sering banget ngadat sehingga tarikannya tidak mulus lagi dan hal ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Hal seperti itu terjadi karena lubang kecil pada tutup tangki tidak berfungsi secara normal sebagai ventilator. Misalnya saja, ventilator yang tersumbat sehingga membuat sirkulasi udara jadi hilang dan bahan bakar tidak turun maupun mengalir dengan sempurna.

  1. Rem cakram yang tidak bekerja optimal

Sumber : atebreaker.com

Rem menjadi salah satu bagian terpenting pada sepeda motor, baik itu matic maupun bebek. Terutama untuk motor matic, rem menjadi bagian yang sangat rawan rusak. Hal ini karena rem sering dipakai saat melewati jalan turunan apalagi untuk motor matic, tak heran jika ini sudah sangat wajar. Supaya bisa teratasi kamu harus tahu tentang tanda-tanda jika kanvas rem sudah tidak cakram lagi. Jika kamu merasakan tangkai rem terasa keras saat handle depan dan belakang kurang pakem, segera ganti kanvas remnya agar tidak blong.

  1. Aki sering tekor

Aki sering tekor

Sumber : planetban.com

Tak hanya motor matic, sepeda motor jenis lainnya pun juga sering mengalami aki tekor. Aki tekor diakibatkan karena pengguna motor tidak merawatnya. Jadi, kamu harus sering-sering mengecek kondisi aki, apalagi pada kabel min dan plusnya yang kotor. Kabel yang kotor bisa berakibat konsleting pada aki.

Bagaimana guys, sudah tahu kan apa saja penyakit yang sering terjadi pada motor matic? Jadi, jangan sekali-kali menyepelekan beberapa kondisi di atas pada motor matic ya. Lebih baik langsung memperbaikinya supaya masalahnya tidak terjadi lebih parah lagi. Baca juga Tips Membeli Motor Bekas dengan Benar.