Bagaimana Cara Mengubah Energy Matahari Menjadi Energi Listrik?

  • PortalIndonesia
  • Mar 17, 2022
Bagaimana Cara Mengubah Energy Matahari Menjadi Energi Listrik

Bagaimana cara mengubah energy matahari menjadi energi listrik? Anda bisa mengetahui informasi lengkapnya dalam artikel ini. Saat ini banyak yang melirik energi terbarukan seperti energi matahari, energi air, angin dan sebagainya. Diantara energi tersebut, energi sinar matahari yang banyak dipilih. Mengapa demikian? Alasannya karena Indonesia merupakan negara tropis. Sinar matahari sangat melimpah dan bisa dimanfaatkan. Sinar matahari tersebut akan diubah menjadi energi listrik oleh solar panel dalam PLTS. Energi listrik dari PLTS itulah yang bisa Anda manfaatkan untuk mencukupi kebutuhan listrik sehari-hari. Lalu bagaimana sih cara mengubah energy matahari menjadi energi listrik? Simak yuk!

Siapkan Bahan Mengubah Energy Matahari Menjadi Energi Listrik

Untuk bisa mengubah energi matahari menjadi listrik dibutuhkan berbagai macam bahan terlebih dahulu. Pastikan Anda menyiapkan dan memiliki bahan-bahan tersebut. Bahan yang dibutuhkan adalah lembaran tembaga mengkilap 1 lembar, capit buaya sebanyak 2 buah, micro ammeter sebanyak 1 buah, kompor listrik sebanyak 1 buah, botol plastik bening dipotong pada bagian atas 1 buah. Anda juga harus menyiapkan garam meja 2 sendok makan amplas atau sikat kawat 1, gunting 1 buah dan air.

Cara Pembuatan

  1. Cuci Tangan

Pastikan tangan bersih dan bebas minyak sebelum proses perakitan. Jangan sampai ada minyak atau lemak yang menempel pada bahan pembuatan panel surya tersebut.  Minyak di tangan Anda bisa membuat efektivitas dari bahan tersebut menjadi menurun.

  • Potong Kawat

Cara mengubah energy matahari menjadi energi listrik selanjutnya Anda bisa memotong kawat tembaga menggunakan ukuran yang sama persis dengan ukuran panel pemanas yang ada di dalam kompor listrik. Nah setelah itu, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan amplas atau sikat kawat agar tidak ada kotoran yang bisa menghambat proses penyerapan energi matahari tersebut.

  • Taruh diatas Kompor Listrik

Cara mengubah energy matahari menjadi energi listrik selanjutnya menaruh tembaga diatas kompor listrik dengan voltase yang tinggi. Anda bisa melakukan proses pembakaran selama 30 menit sampai lapisan tembaga berubah menjadi kehitaman. Setelah proses pembakaran selesai, segera diamkan agar bisa dingin secara alami kurang lebih 20 menit. Jika sudah dingin lapisan tembaga bisa berkerut dan tunggu sampai lapisan oksida tersebut menyusut. Cuci dan gosok perlahan-lahan tembaga di bawah air yang mengalir. Dalam proses ini jangan meregangkan lapisan tembaga karena bisa membuat lapisan oksida corpus yang dibutuhkan untuk membuat panel PLTS menjadi rusak.

  • Lakukan Pemotongan Kembali

Cara selanjutnya potong kembali tembaga seperti tembaga yang pertama. Tekuk dan masukkan botol plastik, usahakan jangan saling bersinggungan. Kemudian pasang capit buaya di lembaran pertama dan kedua. Setelah itu, Anda bisa memasang kabel tembaga kedua ke terminal positif dan kabel dari tembaga pertama yang telah dibakar ke terminal negatif dari ammeter.

  • Panaskan Air Garam

Anda bisa memanaskan air garam, setelah itu dimasukkan ke dalam botol dengan hati-hati. Jangan sampai membasahi capit buaya. Nah, yang paling penting adalah jangan sampai  air garam bisa menenggelamkan semua plat tembaga. Anda bisa menguji panel surya Anda tersebut dengan menaruhnya di bawah sinar matahari. Tenaga yang bisa dihasilkan mampu meningkat 33 micro ampere.

Adakah Solusi yang Lebih Mudah?

Hmm, bagi Anda yang masih awam dengan PLTS tentu akan kesulitan merakit dan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Salah dalam merangkai justru membuat bahan tersebut rusak dan tidak bisa Anda gunakan kembali. Lalu bagaimana solusi yang lebih mudah? Nah, solusi paling mudah Anda bisa menggunakan SUN Energy, perusahaan pengembang proyek sistem tenaga surya paling besar di Indonesia. Anda tidak perlu ragu lagi menggunakan jasa SUN Energy karena bisa memberikan solusi terintegrasi mulai dari konsep sampai konstruksi. Anda akan dibantu mulai dari penentuan lokasi yang ideal sampai izin proyek.

Dengan menggunakan jasa SUN Energy Anda tidak perlu bingung dan repot lagi untuk menyusun panel surya karena SUN Energy akan melakukannya untuk Anda. Mengapa SUN Energy? Karena terpercaya dan berpengalaman. Dibandingkan dengan jasa lain Anda akan mendapatkan beragam produk yang menarik dan berkualitas. Soal biaya sangat kompetitif kok, SUN Energy memberlakukan model pembiayaan yang inovatif. Ada tiga model pembiayaan yang terjangkau dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan nasabah dengan skema zero investment dengan bunga pinjaman yang kompetitif.

Jangan pernah khawatir saat menggunakan jasa SUN Energy. Hal itu karena perusahaan pengembang tenaga surya yang satu ini memberikan jaminan sistem selama 25 tahun.  SUN Energy juga terpercaya dan berpengalaman didukung oleh tenaga ahli bersertifikat dan berkualitas yang bisa mengoptimalkan produktivitas dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Manfaat Menggunakan Panel Surya SUN Energy

  • Hemat Energi Listrik

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan panel surya SUN Energy adalah Anda bisa lebih menghemat energi listrik terutama konvensional. Tagihan listrik akan terus mengalami peningkatan sehingga diperlukan energi alternatif seperti energi matahari untuk membuat tagihan listrik Anda menjadi tidak membengkak.

  • Menghindari Ketergantungan

Kebanyakan masyarakat di Indonesia masih ketergantungan dengan energi listrik konvensional. Dengan menggunakan panel surya dari SUN Energy mampu menghindarkan Anda dari ketergantungan karena Anda bisa menggunakan energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya SUN Energy.

  • Lebih Ramah Lingkungan dan Canggih

Energi surya dari SUN Energy lebih ramah lingkungan karena tidak mencemari lingkungan. Berbeda dengan listrik konvensional yang bisa membuat pencemaran karena ada proses pembakaran batu bara di dalamnya. Dengan beralih ke energi alternatif membuat lingkungan jauh lebih sehat dan pemanasan global bisa dicegah. Yuk mulai beralih ke energi alternatif yang jauh lebih sehat dan hemat! Jangan sampai salah pilih, hanya SUN Energy penyedia panel surya terbaik dan berkualitas di Indonesia. Silahkan menghubungi SUN Energy untuk berkonsultasi dan mengetahui cara mengubah energy matahari menjadi energi listrik lebih lanjut!