Jalankan Bisnis Digital Lebih Mudah dengan Aplikasi Dagang

  • 3 min read
  • Jan 18, 2021
Jalankan Bisnis Digital Lebih Mudah dengan Aplikasi Dagang

Aplikasi dagang kini mulai marak di bicarakan. Dengan banyaknya manfaat, aplikasi ini dapat menjadi alternatif bagi seluruh pengusaha UMKM di Indonesia untuk bersaing dengan komoditas-komoditas lainnya baik itu lokal maupun mancanegara.

Di era ini, para pelaku ekonomi tidak hanya berpacu dengan persaingan komoditas pasar melainkan juga dengan teknologi sebagai media penjualan. Pesatnya perkembangan teknologi digital dengan tanpa ampun menyingkirkan para pedagang dan pengusaha kecil sehingga sulit berkembang atau bahkan kehilangan pelanggan.

Mari kita mengambil salah satu contoh yakni sosial media sebagai sebuah platform digital baru yang kini marak dijadikan sebagai media promosi. Baik itu promosi pakaian, makanan, kosmetik, dan lain sebagainya dapat kita temukan disana. Beberapa platform bahkan menyediakan fitur bisnis yang memungkinkan penjual memantau jumlah peminat, respon mereka, serta identitas calon konsumen potensial.

Tentu saja, setiap pengusaha harus melakukan penyesuaian-penyesuaian diri agar bisnis mereka tetap bisa survive di era baru. Tak kalah penting pula untuk memanfaatkan peluang-peluang baru tersebut untuk mengembangkan bisnis supaya lebih keuntungan dan kualitas usaha dapat terus meningkat.

Fungsi Aplikasi Dagang

Salah satu langkah mengembangkan bisnis kecil di era digital ini adalah dengan memanfaatkan aplikasi dagang. Meskipun masih merupakan hal baru, namun ia sudah cukup viral di kalangan pengusaha Indonesia. Kemunculannya disambut hangat oleh banyak kalangan pedagang, terutama mereka yang notabenenya UMKM.

Apa saja sebenarnya fungsi dan manfaat aplikasi dagang ini?

  1. Membantu mengelola transaksi penjualan

Jika Anda masih menggunakan sistem pencatatan manual ketika melakukan perekapan barang, kebiasaan yang sering membuat kepala pusing tersebut bisa mulai ditinggalkan. Selain kadang perhitungan tidak sesuai dengan hasil akhir, tata kelola demikian juga memakan banyak waktu.

Aplikasi dagang dapat membantu Anda merekap transaksi-transaksi yang terjadi. Hanya melalui aplikasi kasir toko ini, Anda dapat mengetahui apa saja barang yang terjual hari ini, berapa keuntungan yang didapatkan serta berapa total transaksi yang berlangsung. Lebih praktis dan modern.

  1. Memudahkan pedagang menerima semua bentuk pembayaran

Beberapa aplikasi dagang menyertakan fitur istimewa berupa kombinasi bentuk pembayaran. Pembeli dapat melakukan pembayaran melalui uang tunai ataupun non-tunai. Salah satu aplikasi dagang yang menyediakan fitur ini adalah aplikasi Youtap, aplikasi dagang paling terkemuka di Indonesia.

  1. Membantu penjual membuat planning penjualan

Untuk mengembangkan toko Anda, tentu Anda perlu mengetahui terlebih dahulu barang-barang apa yang paling laku. Dengan demikian, Anda bisa mengadakan stok lebih banyak. Aplikasi dagang dapat memberikan rekomendasi kepada Anda mengenai barang-barang apa saja yang perlu Anda stock lebih banyak.

  1. Membuat proses jual beli lebih simple

Dengan berbagai kemudahan berniaga, kini penjual tidak lagi perlu terbebani oleh beban-beban penjualan yang rumit dan menguras waktu. Anda kini bisa fokus kepada jangkauan pasar yang lebih luas, ide mengembangkan usaha, mengelola keuntungan, dan lain sebagainya.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Dagang Youtap

4 fungsi diatas dapat Anda dapatkan dalam satu aplikasi saja, yakni aplikasi Youtap. Aplikasi dagang yang satu ini menjelma menjadi semacam aplikasi kasir gratis selamanya dan didesain sesuai dengan pelaku usaha kecil atau UMKM

Jika Anda masih ragu untuk menggunakannya, berikut ini beberapa manfaat aplikasi dagang Youtap bagi pedagang:

  1. Jaringan mitra yang luas

Luasnya jaringan mitra menunjukkan bahwa aplikasi yang satu ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mengelola transaksi jual beli. Di Indonesia sendiri, Youtap dikabarkan telah menggandeng sebanyak 50 ribu mitra dari berbagai wilayah. Apakah Anda yakin tidak ingin ikut bergabung juga?

  1. Transaksi aman

Di aplikasi Youtap, transaksi sudah terbukti aman baik melalui tunai maupun non-tunai. Dengan sistem barcode dan pasword, data penjualan maupun keuangan Anda dijamin terlindungi secara sistemis sehingga tidak memungkinkan untuk dicuri. Keuntungan lainnya, seluruh perhitungan transaksi terekam secara otomatis sehingga mustahil terjadi salah hitung.

  1. Melatih kemampuan digitalisasi produk usaha

Salah satu modal sukses melakukan penjualan online adalah kemampuan untuk melakukan digitalisasi produk. Tidak perlu membeli kamera paling mahal, cukup mampu memfoto produk dengan angle yang tepat dan indah dipandang oleh calon pembeli. aspek ini dapat menjadi latihan juga untuk mahir melakukan digitalisasi produk.

  1. Tampilan ringan dan nyaman

Aplikasi Youtap hadir sebagai aplikasi kasir android yang memiliki tampilan menarik, ringan, dan nyaman dipandang, Aspek ini membuat pengguna menjadi lebih nyaman dan tidak mudah bosan. Selain itu, tersedia juga mode custom dimana pengguna bisa lebih leluasa menentukan backgroud aplikasi sesuai keinginan.

Demikian ulasan terkait aplikasi dagang yang fenomenal dan sangat perlu dicoba oleh seluruh pedagang di Indonesia. Kemakmuran pedagang sangat menentukan tingkat kemakmuran ekonomi masyarakat Indonesia secara keseluruhan.