Kenali Gejala Mental yang Membutuhkan Konsultasi ke Psikolog Menurut SehatQ

  • 2 min read
  • Jul 05, 2021
konsultasi psikologi

Seorang psikolog memiliki peran penting untuk kesehatan mental Anda. Psikologi fokus untuk membantu Anda dalam memperbaiki pola pikir dan perilaku menggunakan fisioterapi. Biasanya seorang psikolog akan bekerja sama dengan psikiater untuk menangani pasien yang membutuhkan pengobatan khusus.

Anda dapat melakukan konseling dari dokter jika dirasa memiliki kondisi mental yang sedang buruk. Namun, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa saja gejala atau tanda bahwa Anda harus melakukan konsultasi ke psikolog. Dengan demikian, yuk simak informasi berikut ini.

5 Gejala Bahwa Anda Harus Konsultasi ke Psikolog Menurut SehatQ

SehatQ adalah sebuah platform yang menyediakan ribuan informasi tentang kesehatan, salah satunya adalah tentang kesehatan mental. Dan berikut ini adalah 5 tanda bahwa Anda harus konsultasi psikolog menurut SehatQ.

  • Sedih yang Berlebihan

Sedih merupakan perasaan wajar yang sering dirasakan oleh manusia. Namun, bagaimana jika Anda merasa sedih yang berlebihan? Ini bisa menjadi tanda pertama yang mengharuskan Anda untuk melakukan konseling ke psikolog. Sedih yang berlebihan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan mengurangi konsentrasi ketika melakukan suatu kegiatan.

  • Ketergantungan Obat Terlarang

Obat terlarang seperti narkoba, miras, bahkan seks bisa dipicu karena adanya masalah berat yang tidak bisa diatasi. Jika Anda merasa sudah kecanduan dengan obat terlarang tersebut, alangkah baiknya untuk segera buat janji dengan dokter yang mengatasi kesehatan mental untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

  • Mengalami Trauma

Trauma dapat terjadi karena banyak hal, seperti pernah mengalami pelecehan seksual, kekerasan dalam rumah tangga, kecelakaan, dan berbagai penyebab lainnya yang belum pulih sepenuhnya. Tentunya trauma ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa menyebabkan masalah kesehatan mental yang lebih parah. Oleh karena itu, yuk segera kunjungi psikolog terdekat!

  • Kehilangan Sesuatu yang Berharga

Gejala yang membuat Anda harus datang ke psikolog yang selanjutnya adalah mengalami kehilangan sesuatu yang berharga. Hal ini akan mengakibatkan Anda sedih berlebihan dan sulit diatasi jika tidak menggunakan tenaga ahli. Saat Anda datang ke dokter untuk berkonsultasi, mereka akan memberikan nasihat dan saran yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki kondisi mental Anda.

  • Merasa Kesepian

Merasa kesepian dapat diakibatkan karena merasa tidak ada orang yang menemani dan mendengarkan setiap keluhan yang Anda alami. Jika tidak ada yang mau mendengarkan setiap masalah biasanya seseorang akan lebih sulit untuk mengatasinya. Hal inilah yang membuat Anda merasa kesepian. Dan jika sudah mengalami hal ini, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan psikolog ahli untuk mengobatinya.

Nah itulah 5 tanda yang harus Anda ketahui sebelum konsultasi psikologi remaja untuk mengatasi masalah mental yang Anda alami. Sebelum Anda membuat janji dengan dokter, Anda harus menyiapkan berbagai hal seperti berikut ini.

  • Tentukan tujuan
  • Perhitungkan budget atau keuangan
  • Pilih terapi yang cocok untuk masalah mental yang Anda alami
  • Jadwalkan sesi konseling sesuai jadwal kosong yang Anda miliki
  • Siapkan diri untuk membagi masalah dan luka yang dialami
  • Ceritakan semua emosi yang Anda rasakan

Meskipun sulit untuk berbagi terkait masalah yang Anda hadapi, tetapi Anda harus siap untuk itu semua agar kesehatan mental Anda dapat kembali pulih. Selain mengobati masalah mental, psikolog juga akan memberikan banyak saran bermanfaat yang dapat Anda ikuti untuk setiap masalah yang akan dihadapi selanjutnya.

Setelah mengetahui apa saja informasi di atas, bagaimana perasaan Anda? Apakah Anda sudah siap untuk konseling dengan psikolog?