Umumnya seseorang yang akan bepergian dengan kereta akan memesan tiket kereta api baik langsung datang ke stasiun maupun memesan secara online. Pemesanan tiket kereta secara online biasanya dilakukan oleh beberapa orang yang tidak ingin mengantri, maka mereka akan memesan dan membeli tiket melalui internet secara online.

Di zaman yang semakin canggih ini, sudah umum jika banyak travel agent baik di luar negeri atau di Indonesia menyediakan layanan pemesanan tiket secara online melalui website perusahaan atau melalui aplikasi perusahaan yang dapat digunakan melalui smartphone. Kemudahan pemesanan dan pembelian tiket secara online ini tentu memiliki kekurangan dan kelebihan.

Selain tidak perlu mengantri dalam pembelian tiket, kelebihan lain yang bisa didapatkan dari pemesanan tiket online adalah pemilihan tempat duduk yang dapat sesuai selera. Namun tetap ada kekurangan dari sistem online ini, diantaranya adalah Anda harus membayar biaya tambahan yang dikenakan oleh travel agent tempat Anda bertransaksi, nominal dari setiap travel agent berbeda-beda.

Semua sistem baik offline maupun online, tentulah ada kelebihan dan kekurangannya. Nah, hal ini tentu menjadi keputusan Anda sebagai pembeli tiket kereta. Sebenarnya PT KAI sendiri juga sudah menyediakan pemesanan tiket secara online atau reservasi yang dilakukan via internet. Akan tetapi jika Anda beruntung pada beberapa travel agent biasanya memiliki promo yang lumayan dapat menghemat biaya akomodasi Anda.

Berikut pembahasan lengkap mengenai beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan sistem online dalam pemesanan tiket kereta api :

  • Menghemat waktu. Anda tidak perlu harus meluangkan banyak waktu untuk membeli tiket langsung ke stasiun dan mengantri berjam-jam. Cukup bermodal jaringan internet, smartphone, PC atau laptop Anda sudah dapat memesan tiket KA secara online, kapan saja dan dimana saja. Umumnya layanan pemesanan tiket ini dibuka online selama 24 jam penuh dan pembayarannya pun juga mudah dan praktis. Anda dapat menggunakan kartu kredit atau transfer ATM, bahkan beberapa sudah dapat dibayarkan via Indomart atau Alfamart.
  • Bisa bebas memilih tempat duduk.
  • Banyak penawaran harga promo terutama pada tanggal-tanggal tertentu, seperti menyambut tanggal merah, long weekend atau pada bulan-bulan tertentu.
  • Lebih aman karena Anda tidak perlu khawatir tiket akan dicopet atau dipalak pada saat mengantri panjang di stasiun.
  • Menghindari risiko hilangnya tiket kereta api.

Setelah melihat berbagai keuntungan dalam pemesanan tiket kereta api online, mungkin akan cukup banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan sistem online ini. Selain praktis, hemat waktu dan tenaga, sistem ini juga memudahkan dalam bepergian. Namun ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa tips berikut ini sebelum memutuskan memesan tiket KA secara online :

  1. Pilihlah status pemesanan tiket kereta api yang tepat. Melalui sistem online akan banyak sekali situs penyedia pemesanan tiket KA secara online. Nah, agar Anda mendapat situs yang aman dan tepat maka Anda harus mempertimbangkan dengan cermat tentang situs yang mau Anda gunakan sebagai tempat pemesanan tiket.
  2. Pilihlah situs resmi KAI, ini menjadi salah satu jaminan aman bagi Anda untuk memesan tiket secara online
  3. Pilihlah situs yang sudah banyak digunakan, terkenal dan terjamin dapat dipercaya.
  4. Pilihlah situs perjalanan yang memberikan penawaran tiket secara langsung.
  5. Jangan mudah tertarik dan tergiur dengan harga promo yang sangat murah, tetap teliti dan awas dalam memilih situs perjalanan.
  6. Membandingkan harga tiket kereta api yang akan Anda pesan. Anda dapat membandingkan harga tiket pada hari yang sama dari beberapa situs atau bisa juga dengan membandingkan harga tiket KA dari berbagai waktu yang berbeda dalam satu situs. Anda juga bisa membandingkan jadwal keberangkatan dari satu situs atau beberapa situs. Jika sudah merasa yakin pada situs tersebut, maka segera lakukan pemesanan tiket kereta online.
  7. Perhatikan penawaran harga promo, jangan mudah tergiur dengan harga murah. Pastikan terlebih dahulu bahwa situs tersebut dapat dipercaya. Promo yang umum diberikan adalah diskon atau pengurangan harga tiket dan beberapa promo lainnya. Umumnya berbagai situs perjalanan memberikan promonya khusus bagi pelanggan yang memang memesan dan membeli tiket pada situsnya.
  8. Memastikan bahwa harga yang tertera merupakan harga tiket secara keseluruhan, sebelum Anda menekan bayar atau beli. Ada baiknya Anda membaca aturan dalam situs tersebut dalam tata cara pemesanan dan pembelian tiket. Pilih situs yang langsung menawarkan harga secara keseluruhan, bukan yang belum termasuk pajak atau tambahan biaya lain, yang nantinya akan mengejutkan Anda jika sudah melihat total yang harus dibayarkan. Pastikan harga yang tertera dalam situs sudah termasuk biaya seluruhnya.

Selain beberapa tips di atas, ada pula rahasia yang perlu Anda ketahui dalam cara pesan tiket kereta api online, apa saja rahasianya? Berikut kita simak bersama :

  • Reservasi tiket kereta api umumnya dibuka sejak 3 bulan atau H-90 tanggal keberangkatan. Ketersediaan tiket 3 bulan sebelum waktu pemberangkatan ini berlaku tidak hanya pada situs resmi KAI saja, tetapi juga di seluruh situs atau jaringan penjualan tiket kereta api resmi yang bekerja sama langsung dengan PT KAI (Persero)
  • Dengan jarak yang begitu jauh dari hari pemberangkatan, tentu lebih mempermudah Anda dalam pemesanan. Anda dapat memesan jauh-jauh hari bahkan mempersiapkan waktu perjalanan jadi lebih matang karena tiket sudah di tangan.
  • Pemesanan tiket dengan memperhitungkan tempat dan waktu menjadi cara rahasia dalam memesan tiket kereta api online.
  • Memilih metode pembayaran yang paling mudah seperti menggunakan transfer ATM, debit, kartu kredit, e-banking, mobile banking, merchant rekanan hingga pembayaran di gerai minimarket yang sudah menggunakan fitur dompet online. Pemilihan metode pembayaran yang paling mudah juga dapat mempercepat proses pemesanan tiket.
  • Pastikan saat pemesanan atau pembelian tiket online jaringan Internet Anda dalam keadaan stabil, sehingga proses pemesanan dan pembelian bisa lebih lancar dan cepat.
  • Jika Anda memesan tiket dari jauh-jauh hari, maka siapkan pengingat baik di HP sebagai pengingat bahwa hari tersebut Anda harus pergi sesuai tujuan pada tiket kereta api yang sudah Anda pesan.
  • Cari solusi lain selain situs KAI terutama di hari-hari yang memang akan dipadati oleh penumpang kereta, seperti libur lebaran. Pastikan bahwa Anda mendapatkan situs yang memang sudah dipercaya. Pada hari besar disarankan untuk melakukan pemesanan tiket secepat mungkin, jangan sampai Anda kehabisan.

Nah, demikianlah beberapa keuntungan, tips hingga rahasia pemesanan tiket kereta api online yang bisa kami paparkan untuk Anda. Semoga tips di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Ingatlah untuk tetap waspada, karena saat ini cukup banyak juga penipuan di dunia online. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba beberapa tips di atas.