Mana Lebih Menguntungkan, Kartu Prabayar atau Pascabayar?

  • 2 min read
  • Feb 25, 2020
Kartu Prabayar atau Pascabayar

Untuk bisa menghemat anggaran bulanan terutama yang berkaitan dengan pembelian pulsa dan paket internet, sebaiknya pilih jenis kartu perdana yang sesuai kebutuhan. Setiap provider di Indonesia selalu mengeluarkan dua jenis kartu perdana yaitu kartu perdana prabayar dan pascabayar. Namun kebanyakan pengguna smartphone saat ini lebih suka menggunakan kartu prabayar sebab lebih praktis dan mudah diganti.

Sebelum menentukan jenis kartu yang akan dipakai, ada baiknya Anda memilih provider mana yang lebih menguntungkan. Smartfren sebagai penyedia layanan seluler berani memberikan berbagai macam penawaran dengan harga murah. Pilihan paket internet yang disediakan juga sangat banyak. Bahkan bagi pelanggan setia yang sudah mengumpulkan poin, bisa mengikuti undian smartfren wow dengan grand prizes satu unit rumah. Pastinya tidak rugi jika Anda menggunakan layanan dari smartfren.

Lantas apa bedanya kartu perdana prabayar dan pascabayar? Letak perbedaannya ada pada sistem pembayarannya. Jika menggunakan kartu prabayar, Anda harus melakukan pembayaran dulu untuk bisa mendapatkan layanan. Masa berlaku kartu bergantung pada jumlah pulsa atau paket data yang Anda beli. Sementara bila memakai kartu pascabayar, Anda bisa mendapatkan layanan terlebih dahulu setelah itu baru melakukan pembayaran. Sistem pembayaran pada kartu pascabayar berupa tagihan dengan periode tertentu dan biasanya adalah 1 bulan.

Penggunaan kartu prabayar cocok bagi Anda pengguna ponsel pintar yang suka gonta-ganti kartu. Namun jika Anda malas mondar-mandir beli pulsa atau paket data ke konter, kartu pascabayar bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu kartu pascabayar juga sering dipakai untuk keperluan telepon rumah, wifi, dan lain sebagainya. Banyaknya tagihan yang harus dibayarkan perbulannya juga bervariasi. Tergantung pada pemakaian.

Meski penggunaan kartu pascabayar cukup menyenangkan karena tidak perlu ribet mengisi pulsa. Namun faktanya sistem pendaftarannya tidaklah simple. Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Belum lagi akan ada banyak telepon atau sms dari pihak yang tak dikenal misalnya dari bank, pengembang properti, dan lain sebagainya.

Jadi mana yang lebih menguntungkan? Kedua jenis kartu tersebut sama-sama memberi keuntungan. Tinggal pilih saja mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk masalah provider, sebaiknya pilih smartfren agar Anda bisa mendapatkan banyak hadiah dari undian bulanan smartfren wow.