Manfaat Pipa PVC untuk Rumah

  • 2 min read
  • May 12, 2020
Pipa PVC

Jika kita berbicara tentang bahan material bangunan tentu saja kita tidak bisa menyepelekan tentang pipa PVC. Pipa yang dibuat dengan bahan dasar Polivinil Klorida ini biasanya digunakan sebagai media mengalirkan air di sebuah bangunan. Pipa PVC ini banyak digunakan oleh masyarakat karena harga yang terjangkau dan juga dalam instalasi sangat mudah untuk dilakukan. Selain itu pipa PVC juga memiliki beberapa manfaat diantaranya.

Manfaat Pipa PVC untuk Rumah

Seperti yang sudah saya tuliskan diatas jika antara bangunan dan juga pipa PVC ini pasti memiliki hubungan. Sebab pipa PVC sendiri memiliki beberapa manfaat-manfaat untuk setiap bangunan. Berikut adalah beberapa manfaat dari pipa PVC untuk rumah.

1. Untuk Mengalirkan Air Sanitasi

Kebutuhan sanitasi pada rumah tentu saja harus disertai dengan adanya pasokan air yang bersih. Air yang bersih bukan hanya air yang terlihat bening saja, namun jika harus terbebas dari berbagai macam zat kimia berbahaya. Nah Pipa PVC ini tidak mengandung zat kimia sama sekali sehingga air yang mengalir pada pipa PVC dijamin akan tetap steril dan bersih untuk digunakan.

2. Untuk Mengalirkan Saluran Pembuangan

Bukan hanya bisa kita gunakan sebagai saluran air bersih saja, Berikutnya pipa PVC juga bisa digunakan untuk saluran pembuangan air kotor. Misalnya saja seperti air hujan dan juga kotoran yang akan menuju septic tank. Nah anda bisa menggunakan pipa PVC dengan jenis PVC D/VU.

3. Untuk Merapikan Kabel Listrik Rumah

Kabel listrik yang tidak bisa rapi dan terkesan awut-awutan tentu saja tidak enak jika dipandang. Untuk itu kita harus merapikan kabel tersebut, salah satu caranya adalah dengan menggunakan pipa PVC ukuran kecil yang bisa digunakan untuk membalut kabel listrik agar lebih rapi.

4. Pipa PVC Bisa Meredam Api

Manfaat terakhir dari pemakaian pipa PVC adalah bisa meredam api. Hal ini karena bahan baku dari pipa PVC sendiri yang memiliki sifat tidak menghantar api sehingga apabila muncul percikan atau kebakaran api tidak akan merembet pada bagian lainnya.