Mengenal Arti Barakallah Fii Umrik Beserta Jawaban dan Hukum Mengucapkannya

  • 2 min read
  • Mar 26, 2021
Barakallah Fii Umrik

Secara pengertian, arti barakallah fii umrik adalah doa meminta keberkahan umur kepada Allah SWT bagi seseorang. Kalimat barakallah fii umrik ini seringkali digunakan untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun yang Islami kepada orang terkasihnya.

Banyak yang mengatakan bahwa kalimat ini merupakan ucapan selamat ulang tahun Islami. Sehingga sering diucapkan kepada mereka yang sedang merayakan hari kelahirannya. Sebagai seorang muslim tentunya kamu juga akan lebih tepat menggunakan ucapan Barakallah Fii Umrik yang ada didalam agama Islam.

Daripada ucapan Happy Birthday ala barat kan alangkah baiknya kamu menggunakan ucapan Barakallah Fii Umrik ini. Tentunya ada nilai lebih saat kamu memberi ucapan hari lahir dengan menggunakan Barakallah Fii Umrik.

Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini penjelasan lengkap tentang arti Barakallah Fii Umrik:

  1. Ucapan Barakallah Fii Umrik

Sebaik baiknya ucapan adalah yang memiliki arti mendalam bagi orang lain. Kalimat Barakallah Fii Umrik adalah ucapan selamat hari lahir yang baik untuk sahabat atau orang terkasihmu ketika berulang tahun. Karena memang orang orang yang kamu kasihi harus mendapatkan apresiasi yang terbaik juga darimu.

  1. Tulisan Barakallah Fii Umrik yang Benar

Ucapan Barakallah Fii Umrik Arab cukup mudah untuk dituliskan. Kamu bisa menulis ucapan ini pada kartu ucapan selamat ulang tahun bagi sahabatmu. Hal ini cukup istimewa karena berbeda dengan ucapan ulang tahun pada umumnya yang banyak digunakan orang orang ketika merayakan hari lahir.

  1. Arti Barakallah Fii Umrik

Arti Barakallah Fii Umrik ini sendiri adalah semoga Allah SWT memberkahi usiamu. Jika secara rinci, Barakallah berarti semoga Allah memberkahimu, sedangkan Fii Umrik berarti didalam umurmu. Sehingga jika digabungkan menjadi Semoga Allah memberkahi didalam usiamu. Dengan konteks kepada orang yang bertambah umurnya.

Ucapan Barakallah Fii Umrik adalah ungkapan doa orang yang mengucapkan kepada kita yang sedang merayakan hari lahir. Dengan arti bahwa dia memanjatkan doa supaya kita mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

Kamu bisa membalas ucapan Barakallah Fii Umrik yang diberikan dengan mengucapkan Wa Fiika Barakallah yang berarti Semoga juga keberkahan Allah Menyertaimu.

  1. Jawaban Doa Ulang Tahun

Adab sebagai orang muslim adalah mendoakan kembali seseorang yang telah memberikan doa untukmu. Ini menjadi kebiasaan umat Islam untuk berlomba lomba dalam kebaikan. Sehingga kesatuan umat Islam akan tetap terjaga karena saling menginginkan kebaikan antar sesama.

Misalnya, secara umum masyarakat muslim akan saling mengucapkan salam kepada saudaranya ketika bertemu. Maka orang yang mendapatkan panggilan salam tersebut wajib membalasnya. Jika disamakan dengan hal tersebut, maka tentunya ketika kamu didoakan untuk keberkahan umur. Maka kamu juga tidak mau kalah dalam menginginkan kebaikan untuk saudaranya, dengan memberikan doa untuk keberkahan umur juga.

  1. Hukum Mengucapkan Barakallah Fii Umrik

Hukum mengucapkan Barakallah Fii Umrik dalam Islam adalah mubah atau boleh dilakukan. Arti mubah disini adalah jika mengucapkannya tidak akan mendapat pahala, namun tidak mengucapkannya juga tidak menjadi dosa. Menurut Ustad Abdul Somad alias UAS, yang haram itu bukan mengucapkan selamat ulang tahunnya, namun tradisinya seperti tiup lilin.

Hari kelahiran memang merupakan waktu yang cukup sakral. Bagaimana tidak sakral, karena diwaktu itu ada seorang wanita yang tengah mempertaruhkan nyawanya untuk bisa melahirkan bayi tercinta dengan selamat dan sehat.