Pada tahun 1974 Ocean Dream Samudra diresmikan oleh Gubernur Ali Sadikin, dimana tempat ini sebagai perwujudan dari cita citanya tentang pentingnya sarana rekreasi untuk mengenalkan masyarakat tentang laut beserta potensinya. Sarana rekreasi ini adalah Edutainment Theme Park dengan mengusung konservasi alam yang akan memberikan pengalaman untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi berbagai macam satwa. Tempat ini merupakan unit oceanarium paling besar yang terdiri dari pentas lumba lumba, pentas singa laut, pentas aneka satwa, peragaan satwa, akuarium ikan laut dan tawar, serta adanya taman yang merupakan habitat beraneka macam burung.

Tempat rekreasi ini juga merupakan terobosan dari Ancol yang menjadi pusat studi konservasi ex-situ lumba lumba atau dolphinarium karena memang menggunakan konsep dan manajemen lumba lumba yang paling lengkap, meliputi berbagai unsur yang saling mendukung seperti kolam untuk menampung lumba lumba, water treatment, trainer atau keeper, pengadaan ikan yang berkualitas, laboratorium, para medis, dan juga dokter hewan.

Berikut jam operasional dan tiket masuknya :

  1. Jam Operasional
  • Weekdays : 09.00 – 18.00 WIB
  • Weekend : 09.00 – 18.00 WIB
  1. Tiket Masuk
  • Tiket Regular

Tiket Bundling Sea World Ancol

Weekday : Rp. 135.000

Weekend : Rp. 180.000

Promo 45

Weekday : Rp. 52.250

Weekend : Rp. 71.500

Reguler PREMIUM

Weekday : Rp. 125.000

Weekend : Rp. 125.000

  • Tiket Annual Pass

Annual Pass Bundling Sea World Ancol

Weekday : Rp. 300.000

Weekend : Rp. 300.000

Dolphi Card

Weekday : Rp. 195.000

Weekend : Rp. 195.000

Ada beberapa wahana yang telah tersedia di tempat rekreasi ini seperti Taman Surga Burung, Singa Laut, Boto Boto, Lumba Lumba, Scorpion Pirates, 3 Wahana Baru, Aneka Satwa, Ubur Ubur, dan juga Cinema 4D. Tempat rekreasi ini akan melayani pengunjung setiap harinya. Untuk lebih jelasanya berikut beberapa wahana di ODS yang akan membuat para pengunjungnya mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan diantaranya yaitu :

  1. Wahana Cinema 4D

Ini merupkana wahana untuk memutar film dimana para pengunjungnya wajib menggunakan kacamata 3 dimensi selama film diputar.

  1. Wahana Permainan Balloon Race

Wahana ini sekarang telah berganti nama menjadi ubur ubur. Didalam permainan ini seluruh anggota keluarga dapat naik permainan dengan bentuk balon besar yang berputar searah arum jam.

  1. Wahana Boto Boto

Ini merupakan wahana di ODS yang dapat dinikmati anak anak selama mereka melakukan seru seruan di tempat rekreasi tersebut. Bentuk permainan boto boto ini seperti pesawat yang dapat dinaiki dan akan berputar.

  1. Taman Surga Burung

Wahana ini merupakan tempat tinggal berbagai macam spesies burung, dimana para pengunjung dapat mengambil foto bersama burung kakak tua jinak yang telah patuh dan mudah untuk berinteraksi dengan orang orang yang mengajaknya berfoto.

  1. Atraksi Lumba – Lumba Dan Singa Laut

Di wahana ini para pengunjung akan dihibur dengan atraksi lumba lumba dan singa laut. Para pengunjung dapat menyaksikan kepintaran lumba lumba dan singa laut didalam mematuhi perintah dan instruksi dari para pelatihnya.

Selain itu masih ada satu wahana lagi yaitu Scorpion Pirates, diwahana ini para pengunjung dapat menyaksikan secara langsung dapat menyaksikan pertunjukan pertempuran water stuntman di laut untuk melawan sang bajak laut Scorpion. Pertunjukkan ini akan dihiasi dengan spesial effect yang pastinya akan memukau para penonton.