Sekilas Mengenal Layanan IPTV Indonesia Terbaik

  • 3 min read
  • Aug 31, 2020
Sekilas Mengenal Layanan IPTV Indonesia Terbaik

Penggunaan IPTV Indonesia di kalangan perkotaan kini bukan lagi menjadi barang yang aneh. Bisa dikatakan karena berbagai fitur dan keuntungan yang dimilikinya, IPTV menjadi pilihan utama dalam mencari hiburan di layar televisi. Namun sebenarnya apa itu IPTV? Bagaimana cara menggunakan dan menikmati tayangannya? Apakah layanan ini harganya mahal?

Well, mungkin untuk kamu yang belum pernah mengenal IPTV, hal ini bisa dipahami secara sederhana sebagai siaran televisi yang menggunakan jaringan internet alih-alih antena konvensional yang menggunakan sinyal biasa. Jadi, untuk menggunakan IPTV kamu harus memiliki jaringan internet, yang tidak hanya stabil tapi juga berkecepatan tinggi.

Tapi apakah sesederhana itu saja pemahaman terkait IPTV?

IPTV Indonesia dan Segmen Pasar yang Potensial

IPTV Indonesia dan Segmen Pasar yang Potensial

Penggunaan IPTV Indonesia sebenarnya terus mengalami kenaikan, terbukti dengan semakin tingginya pengguna layanan ini dari berbagai penyedia layanan IPTV. Secara definitif, kamu bisa memahami IPTV sebagai layanan multimedia seperti televisi, video, audio, teks, grafik, hingga data yang dikirimkan melalui jaringan berbasis internet protocol yang dikelola untuk memberikan tingkat kualitas layanan dan pengalaman yang diperlukan.

Awalnya IPTV sendiri dirasa tidak mungkin sebab setidaknya memerlukan kecepatan internet 200 Mbps, yang mana sangat mustahil untuk jaringan kabel telepon tembaga. Namun seiring berjalannya waktu, dengan digunakannya serat optik untuk menyalurkan layan internet, kini masyarakat Indonesia bisa menikmati layanan ini pada wilayah cakupan penyedia internet yang telah menggunakan media ini.

Terkait dengan segmen pasar di Indonesia sendiri, dinilai cukup progresif karena kini IPTV Indonesia tak hanya diminati oleh segmen keluarga namun juga oleh orang-orang muda. Mobilitas yang tinggi serta tuntutan untuk mendapatkan hiburan berkualitas kapanpun diperlukan jadi faktor pendorongnya. Tentu saja, IPTV yang disediakan oleh ISP berkualitas dapat memenuhi ini semua.

Cara Menggunakan Layanan IPTV

Cara Menggunakan Layanan IPTV

Sebenarnya cara menggunakan layanan IPTV tidaklah sulit. Kamu tinggal menghubungi penyedia jasa layanan tersebut, kemudian mengajukan pembelian paket IPTV yang disediakan. Nantinya lokasi kamu akan disurvei, kemudian kamu akan mendapatkan kabar apakah lokasi tersebut memungkinkan atau tidak untuk berlangganan paket yang sudah disediakan.

Karena IPTV akan ‘berdiri’ di atas layanan internet yang diberikan oleh ISP yang kamu pilih, maka syarat utama untuk menikmati layanan ini adalah lokasi kamu sudah terjangkau oleh layanan ISP tersebut. Tapi tenang, idealnya saat ini ISP sudah mencakup hampir seluruh kota besar di Indonesia sehingga kamu tak perlu cemas.

Nantinya setelah internet dipasang, kamu akan mendapatkan set-top box yang digunakan sebagai konverter informasi digital untuk ditampilkan pada layar televisi. Tidak jarang pula kamu akan dibantu oleh teknisi dalam pemasangan alat ini, hingga kamu bisa menikmati tontonan favorit di sofa yang nyaman. Sangat mudah bukan?

Fitur Andalan dari IPTV

Fitur Andalan dari IPTV

Tentu setiap ISP akan menawarkan berbagai fitur andalan untuk dijadikan daya tarik. Namun demikian, kamu harus paham benar apa fitur wajib yang harus dimiliki oleh layanan IPTV Indonesia agar kamu bisa menikmati tontonan dengan maksimal. Apa saja fitur-fitur tersebut?

Catch Up, merupakan fitur wajib yang memungkinkan kamu menonton tayangan favoritmu tanpa harus takut ketinggalan jam tayang. Kamu bisa menyimpan dan menyaksikan kembali tayangan favoritmu dalam waktu tertentu, sehingga kamu tidak perlu cemas series favorit terlewat.

4K Ultra HD, mengingat penggunaan jaringan internet super cepat yang jadi syarat utama dari IPTV ini, kamu harus memastikan tayangan yang kamu tonton tersedia dalam kualitas 4K Ultra HD. Pengalaman menonton yang benar-benar berbeda akan kamu rasakan dengan resolusi seperti ini.

Video on Demand, layanan IPTV akan menawarkan bundle kanal televisi yang sudah tersedia. Tapi tak perlu cemas kalau kanal yang kamu inginkan belum termasuk di dalamnya. Kamu bisa memanfaatkan fitur video on demand yang memungkinkan kamu memesan secara langsung kanal atau tayangan yang kamu inginkan. Terlebih, pada layanan yang benar-benar berorientasi pada kepuasanmu, kamu bisa melakukannya hanya dengan smartphone tanpa harus meninggalkan rumah.

Recording, merupakan fitur untuk merekam tayangan favorit dan menyimpannya, untuk disaksikan kapanpun dan dimanapun kamu berada. Fitur ini sangat berguna untuk kamu yang punya mobilitas tinggi, sehingga kamu tak perlu terpaku di depan layar televisi untuk menyaksikan tayangan favoritmu.

Setidaknya fitur tersebut harus dipastikan ada agar kamu benar-benar bisa menikmati pengalaman menonton terbaik dengan IPTV.

Salah satu penyedia layanan IPTV Indonesia yang paling direkomendasikan adalah Biznet IPTV. Mengapa? Karena selain memiliki setiap fitur tersebut, Biznet IPTV juga menawarkan pengalaman menikmati IPTV dengan maksimal. Harga yang terjangkau, kualitas layanan terbaik, serta bundle paket internet super cepat dari Biznet Home, setiap alasan yang kamu perlukan untuk mendapatkan pengalaman tak terlupakan dalam setiap tayangan favorit yang kamu tonton. Segera kunjungi situs resminya, dan pastikan kamu mendapatkan penawaran terbaik!