Sering Lakukan 3 Hal Ini? Jangan Dulu Ajukan Pinjaman Dana ke Fintech

  • 3 min read
  • Dec 08, 2019
Sering Lakukan 3 Hal Ini Jangan Dulu Ajukan Pinjaman Dana ke Fintech

Mengajukan pinjaman dana ke fintech memang mudah, namun komitmen pembayarannya harus lebih kuat. Sebab, sebagian besar fintech menerapkan sistem pinjaman dengan masa tenor yang singkat. Kalau tidak dibarengi dengan komitmen dan disiplin pembayaran, kamu bakal kerepotan menghadapi jatuh temponya.

Hanya sebagian fintech yang bisa memberikan pinjaman dana dengan pilihan tenor yang beragam dan panjang. Kredivo salah satunya. Kredivo menyediakan layanan pinjaman dana tunai mini dan jumbo, masing-masing minimal mulai dari Rp500.000 dan Rp 1 juta ke atas. Sementara tenor yang tersedia mulai dari 30 hari untuk pinjaman mini, dan 3 atau 6 bulan untuk pinjaman jumbo. Suku bunga yang diterapkan Kredivo bersifat tetap: hanya 2,95% per bulan.

Nah, berbicara soal komitmen dan disiplin membayar tagihan, bisa dbilang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Ini merupakan sikap yang perlu dilatih secara bertahap agar menjadi sebuah kebiasaan baik. Selain itu, tentu saja dibarengi dengan kondisi keuangan yang baik. Maka dari itu, jika kamu saat ini masih sering melakukan 3 hal ini, sebaiknya jangan dulu ajukan pinjaman dana ke fintech apabila butuh uang:

Menunda bayar tagihan dan menyepelekan jatuh tempo

Seringkali menunda bayar tagihan dan menganggap remeh tanggal jatuh tempo adalah salah satu tanda utama bahwa kamu belum memiliki kesadaran yang cukup terkait komitmen kredit. Padahal, membayar tagihan dengan rutin sebelum jatuh tempo bukan hanya sekadar kewajiban kamu sebagai peminjam, tetapi juga akan tercatat sebagai histori kredit sekaligus membentuk skor kredit kamu secara perlahan. Makin rajin dan tepat waktu kamu membayar, maka akan semakin baik skor kreditmu. Sebaliknya, makin sering telat dan melanggar jatuh tempo, makin banyak denda yang perlu dibayar dan juga skor kreditmu akan memburuk. Hati-hati lho, skor kredit yang memburuk bisa merugikan kamu di masa depan. Khususnya apabila kamu mengajukan pinjaman ke lembaga kredit lainnya.

Selalu bayar tagihan kartu kredit hanya sebatas minimumnya saja

Sering bertransaksi kartu kredit sampai habis limit? Tapi bulan depan cuma bayar minimumnnya aja? Nah, ini juga menjadi lampu merah bagi kamu yang mau ajukan pinjaman dana ke fintech. Membayar minimum kartu kredit sesekali memang bisa meringankan. Ini juga termasuk kebijakan yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya. Namun, yang perlu disadari, membayar angka minimum hanya akan menumpuk beban utangmu di bulan-bulan berikutnya, termasuk bunga. Maka dari itu, apabila masih menjalankan kebiasaan ini dari sekarang, yuk segera selesaikan. Jangan dulu tambah pinjaman dari fintech, ya.

Tidak menyisihkan uang untuk ditabung

Sama dengan membayar cicilan, menyisihkan uang untuk ditabung secara rutin per bulan juga membutuhkan komitmen dan disiplin yang kuat. Memang, manfaat dari tabungan tidak akan terasa langsung. Namun, tabungan adalah kunci penyelamat yang sangat bisa diandalkan di kala darurat. Jika saat ini kamu belum terpikir untuk menabung, atau belum memiliki tabungan sama sekali, maka sebaiknya jangan dulu pinjam dana ke fintech apalagi menganggapnya sebagai dana cadangan.

Kredivo, Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Dana dengan Bunga Paling Rendah

Bagi kamu yang tidak termasuk tiga kategori di atas, selamat! Artinya, bisa dibilang kondisi keuanganmu cukup stabil dan kamu termasuk yang bisa berkomitmen ketika memiliki tanggungan kredit.

Sebagai rekomendasi apabila kamu membutuhkan pinjaman dana, Kredivo adalah layanan kredit digital sekaligus pinjaman dana tunai berbunga rendah yang cocok diandalkan untuk segala kebutuhan. Tersedia dua jenis pinjaman dana tunai di Kredivo: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Untuk pinjaman mini, minimum pengajuan pinjaman adalah sebesar Rp500.000 dalam tempo 30 hari. Sedangkan untuk pinjaman jumbo, minimum pengajuan pinjaman adalah sebesar Rp 1 juta dengan opsi tenor 3 dan 6 bulan. Kredivo memberikan suku bunga tetap untuk pinjaman tunai: hanya 2,95% per bulannya.

Bagi kamu yang sudah berusia minimum 18 tahun, berpenghasilan minimum sebesar Rp 3 juta per bulan, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi, kamu bisa daftar akun Kredivo sekarang juga melalui aplikasinya. Pilih daftar untuk akun Premium dan dapatkan kesempatan untuk mendapatkan limit kredit maksimal hingga Rp 30 juta!