Adalah hal yang wajar jika kamu ingin mencari dan mendapatkan tiket pesawat murah saat promo. Tetapi bagaimana jika tidak sedang ada promo, apa masih bisa mendapatkan tiket pesawat murah? Sebenarnya asal kamu tahu strateginya maka bisa didapatkannya harga tiket pesawat Jakarta Surabaya murah meski tidak adanya promo. 

Berikut dibawah ini strategi dapatkan tiket pesawat murah Jakarta Surbaya meski tidak ada promo diantaranya yaitu :

  1. Memperhatikan Kemana Tujuan Kamu Pergi

Jika rute pilihan kamu merupakan rute yang paling banyak dilayani maskapai terlebih maskapai dengan budget rendah seperti Singapura, Kuala Lumpur, Bali, Yogyakarta, dan Surabaya. Maka kamu harus pintar pintar didalam membaca harga, karena harganya cenderung fluktuatif. Sehingga saat kamu menemukan satu harga yang kamu anggap sebagai harga paling murah yang bisa didapatkan, maka sebaiknya kamu membeli tiket tersebut saat itu juga.

Tetapi jika kamu memilih rute yang tidak dilayani oleh maskapai dengan budget rendah atau bukan rute “ramai” wisatawan seperti Banjarmasin, Belitung, Tanjung Pinang, dan Banda Aceh, maka kamu bisa membeli tiketnya kapan saja. Kamu bisa membelinya tiketnya baik dua bulan, satu bulan, atau bahkan satu minggu sebelum keberangkatan. Karena harganya tidak memperlihatkan perbedaan yang signifikan.

  1. Memperhatikan Maskapai Yang Kamu Pilih

Setelah memilih rute, maka saatnya kamu memperhatikan maskapai yang melayani rute tersebut. Biasanya harga Low Cost Carrier atau LCC jauh lebih murah jika dipesan jauh jauh hari dan akan meningkat drastis jika kamu memesannya hanya beberapa minggu ataupun beberapa hari sebelum keberangkatan. Sedangkan maskapai full service biasanya menerapkan year – round fare untuk harga tiket pesawatnya sehingga sepanjang tahunnya itu kurang lebih akan sama. Dan bahkan terkadang harga tiket pesawat full – service bisa jauh lebih murah daripada LCC saat kamu membeliny lebih dekat dengan waktu keberangkatan.

  1. Memperhatikan Periode Perjalanan Dan Hari Pergi Serta Pulang Kamu

Harga tiket pesawat akan jauh lebih mahal saat akhir pekan, long weekend, dan juga musim liburan. Jadi cobalah kamu liburan di periode low – season seperti bulan September hingga November dan Februari hingga April. Selain periode liburan, harga tiket juga akan ditentukan oleh hari keberangkatan dan kepulangan. Sebagai contoh kombinasi harga tiket paling mahal adalah kombinasi Jumat – Minggu, Jumat – Senin, Sabtu – Minggu, dan Sabtu – Senin. Jika kamu ingin mendapatkan harga murah dan ingin sekali mengakali jumlah cuti kantor kamu, maka sebaiknya untuk mencoba kombinasi Selasa – Kamis, Rabu – Jumat, Sabtu – Selasa, dan Minggu – Rabu.

  1. Memperhatikan Tanggal Keberangkatan Kamu

Setelah memilih hari keberangkatan, maka saatnya kamu memperhatikan tanggal keberangkatanmu. Menurut hasil observasi yang dilakukan oleh seseorang ditemukan jika harga tiket pesawat pada tanggal 20 an cenderung lebih murah jika dibandingkan diawal atau pertengahan bulan. Hal ini bisa terjadi karena maskapai mengganggap jika tanggal 20 an merupakan tanggal tua dan kondisi dompet sedang tipis, sehingga kemungkinannya akan lebih sedikitnya orang yang akan berpergian. Sehingga maskapai maskapai penerbangan pun akan memberikan harga murah di periode tersebut supaya terisinya kursi kursi mereka.

Sebenarnya untuk bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah itu sangatlah mudah, hanya dibutuhkan ketelaten dan ketelitian saja. Kamu harus telaten mengamati tren harga dan teliti saat akan melakukan pembayaran.