Tips Memilih Manajer Investasi Untuk Kelola Investasi Anda

  • 2 min read
  • Jan 09, 2020
Manajer Investasi

Akhir-akhir ini investasi dalam bentuk apapun cukup tinggi peminatnya. Banyak orang mengaku sadar bahwa investasi untuk masa depan sangatlah penting. Angin investasi ini kian baik lantaran didukung oleh berkembangnya banyak perusahaan penyedia jasa investasi. Salah satu jenis investasi yang cukup menarik perhatian adalah reksadana. Dalam pelaksanaannya investasi reksadana ini dikelola oleh suatu pihak yang kemudian disebut sebagai manajer investasi (MI).

Bisa dikatakan manajer investasi ini merupakan pihak ketiga atau broker yang menjembatani Anda sekaligus mengelola investasi Anda. Tidak semua manajer investasi berpengalaman di bidangnya. Hal ini terbukti dari munculnya kasus yang menimpa manajer investasi sehingga menimbulkan kerugian besar bagi investor.

Untuk meminimalisir kerugian yang ada, berikut tips atau cara memilih manajer investasi terbaik yang patut Anda perhatikan.

  1. Cari tahu bagaimana reputasinya

Baik tidaknya kinerja seseorang bisa dilihat dari pengalaman yang dimilikinya ketika mengelola dana investasi. Bagi Anda yang ingin investasi dan terbilang pemula maka sebaiknya memperhatikan manajer investasi (MI) yang akan dipilih. Pilih yang sekiranya memiliki reputasi atau track record yang baik setidaknya berpengalaman minimal 5 tahun. Hal ini berfungsi untuk meminimalisir kerugian yang bisa saja Anda alami di kemudian hari.

  1. Cari MI yang kinerjanya konsisten

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan melihat konsisten tidaknya MI yang akan dipilih. Apabila kinerjanya naik turun atau tidak stabil maka sebaiknya cari MI yang lain karena kemungkinan MI tersebut belum berpengalaman terlalu lama.

  1. Transparansi dalam mengelola

Salah satu kelebihan dari MI tentu saja karena Anda tidak perlu turun langsung mengelola investasi. Meski begitu, Anda pun harus wajib mengetahui semua proses yang dijalankan MI sehingga Anda bisa mengetahui keuntungan yang akan didapat. Oleh karena itu, dalam berinvestasi Anda wajib mengetahui kinerja MI melalui transparansi dana yang dikelola.

untuk mengcover semua di atas Anda perlu mengenai Tanamduit. Iya Tanamduit merupakan platform digital yang memberikan layanan investasi dengan mudah, praktis, dan aman dalam satu aplikasi. Tidak hanya investasi, di Tanamduit Anda juga bisa memiliki asuransi kesehatan yang bagus dan terpercaya.

Anda pun tidak perlu ragu lagi berinvestasi di Tanamduit karena platform ini sudah terdaftar secara resmi dan mendapatkan pengawasan langsung dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Informasi lebih lanjut bisa Anda kunjungi https://id.tanamduit.com/