Tips Merawat Rambut Berketombe

  • 2 min read
  • Sep 17, 2019
Tips Merawat Rambut Berketombe

Rambut berketombe sangat umum dirasakan setiap orang. Ketombe juga diikuti pengelupasan pada kulit kepala. Kondisi ini memang normal tetapi membuat tidak nyaman dan kurang percaya diri. Harus diatasi sejak dini dengan perawatan rambut ketombe.

Apabila dibiarkan begitu saja akibatnya jadi gatal-gatal dan ketombe semakin banyak. Ketombe juga mengganggu kesehatan kulit kepala karena mengakibatkan merah-merah disekitar telinga dan kulit wajah. Berikut ini ulasan penyebab dan tips merawat ketombe paling jitu.

Penyebab Rambut Berketombe

Ketombe pada kulit kepala disebabkan oleh jamur yang bernama Malassezia. Jenis jamur ini paling sering ditemukan pada kulit kepala orang dewasa. Tetapi ada juga ketomber yang disebabkan kulit kepala berminyak yang disebut gejala dermatitis seboroik.

Apabila kulit kepala kering dan terlalu lama terpapar dibawah sinar matahari juga dapat mendatangkan ketombe. Jika anda menggunakan perawatan rambut sembarangan justru menyebabkan penyakit kulit kepala berbahaya. Gunakanlah rangkaian perawatan untuk rambut ketombe hanya dari Kerastase.

Tips Perawatan Rambut Ketombe

1.Menggunakan Shampo Anti Ketombe

Apabila pertumbuhan ketombe dapat dikontrol, cukup gunakan shampo anti ketombe. Umumnya shampo tersebut mengurangi minyak rambut dan mengatasi penumpukan sel kulit penyebab ketombe.

Pemakaian shampo ini juga secara rutin dan berkelanjutan. Anda dapat memilih produk shampo anti ketombe dengan kandungan bahan alami atau bahan kimia. Gunakan produk yang sesuai kondisi kulit kepala anda untuk memperoleh hasil optimal.

2.Shampo Memiliki Kandungan Khusus

Disamping itu dapat menggunakan shampo atau kondisioner yang mengandung zinc pyrithione bersifat antijamur dan antibakteri. Terbukti kandungan ini ampuh menghambat perkembangan jamur penyebab ketombe.

Adapula shampoo dengan kandungan ketoconazole tetapi digunakan tidak setiap hari dan atas anjuran dokter. Ketoconazole adalah zat antijamur yang berspektrum luas. Sangat ampuh untuk mengurangi produksi ketombe lebih cepat. Tetapi sayangnya ketoconazole tidak dijual secara bebas di toko ataupun mall.

  1. Menggunakan Bahan Alami

Membuat rambut bebas dari ketombe bisa dengan memakai bahan-bahan alami. Misalnya, menggunakan jeruk nipis pada shampo, mengoleskan tea tree oil, lidah buaya, baking soda, dan minyak zaitun.

Ternyata rambut berketombe juga disebabkan oleh kondisi jiwa yang depresi atau gelisah. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung omega-3, vitamin B dan minuman probiotik.