Tips Tarikan Senar Raket yang Ideal, Pemula Wajib Tahu!

  • PortalIndonesia
  • Mar 25, 2024
Tarikan Senar Raket

Di dunia olahraga untuk bisa mencapai target tentu ada beberala elemen yang harus digunakan. Salah satunya tenis, tarikan senar raket adalah elemen kunci yang tak boleh terabaikan.

Biasanya banyak pemain fokus pada beberapa aspek seperti pilihan raket, teknik pukulan, atau kecepatan bola tanpa menyadari bahwa tarikan senar memiliki peran yang sama pentingnya.

Tarikan senar raket yang tepat dapat mempengaruhi kontrol, daya pukul, dan kenyamanan dalam permainan.

Supaya permainan tenis mencapai permainan yang ideal, mari kita simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

  • Tegangan Senar

Tegangan senar adalah faktor utama yang memengaruhi respons raket terhadap bola.  Sehingga jika pemain menciptakan tegangan yang lebih tinggi, akan menghasilkan kontrol yang lebih baik namun kurang memberikan daya.

Sebaliknya jika menciptakan tegangan yang lebih rendah akan memberikan lebih banyak daya namun kontrol menjadis tidak maksimal

Sehingga pemilihan tegangan senar harus disesuaikan dengan gaya permainan yang digunakan. Biasanya pemain yang mengandalkan kontrol biasanya memilih tegangan yang tinggi.

Sementara bagi pemain yang lebih suka memukul bola dengan keras akan memilih tegangan yang lebih rendah.

  •  Jenis Senar

Ada berbagai jenis senar yang kini sudah ada di pasaran, sehingga kau tak akan kesulitan dalam mencari senar yang sedang dibutuhkan.

seperti senar poliester yang tahan lama hingga senar nilon yang elastis. Setiap jenis senar memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri.

Senar poliester, misalnya, dikenal karena stabilitasnya dan memberikan kontrol yang baik, tetapi kurang nyaman saat digunakan.

Sementara jika menggunakan senar nilon lebih elastis, serta memberikan sensasi yang lebih lembut, namun mungkin kurang tahan lama.

Pemilihan jenis senar harus mempertimbangkan gaya permainan, preferensi pribadi, dan kondisi lapangan.

Jika kamu sudah menemukan gaya permainan yang akan dipakai, selanjutnya pilih jenis senar.

  •  Pola Tarikan Senar

Pola tarikan senar meruapakan acuan yang ada pada cara senar disusun di atas raket. Ada pola yang lebih terbuka, artinya dengan jarak antara senar yang lebih lebar, cenderung memberikan lebih banyak putaran (spin) pada bola.

Sementara itu, pola yang lebih rapat cenderung memberikan kontrol yang lebih baik. Pilihan pola pada tarikan senar juga harus disesuaikan dengan gaya permainan dan kondisi lapangan.

Jika kamu termasuk pemain yang suka bermain dengan spin, akan lebih cocok memilih pola yang lebih terbuka, sementara jika kamu termasuk pemain yang lebih suka kontrol, cocok memilih pola yang lebih rapat.

  • Frekuensi Pergantian Senar

Selain point ketiga diatas, selanjutnya ada point yang tak boleh terlewatkan, yaitu frekuensi pergantian senar.

Meskipun terkadang frekuensi pergantian senar juga memengaruhi kinerja raket secara keseluruhan.

Perlu diperhatikan, senar yang sudah aus atau kendor tidak akan memberikan respons yang sama seperti saat baru dipasang.

Hal ini tentu mengalami perbedaan.  Oleh karena itu, penting untuk mengganti senar secara teratur, terutama bagi pemain yang sering bermain.

Frekuensi pergantian senar tidak dapat dipastikan waktunya, tetapi perhatikan intensitas penggunaan raket, biasanya pergantian raket dilakukan selama beberapa bulan. 

Itulah keempat bahasan tentang tarikan senar raket yang ideal. Taerikan senar yang memiliki peranann penting ini tak bisa diabaikan. Dengan mempelajari tarikan senar, dapat memberikan kesempurnaan ketika bermain tenis. Tak klah penting juga untuk rutin mengganti senar selama beberapa bulan, jika tidak senar yang digunakan akan kendor dan mempengaruhi permainan.